Bahaya Narkoba Di Depan Mata

Rabu 26-08-2015,15:46 WIB

BINTUHAN,BE- Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kaur, memastikan bahwa bahaya narkotika dan obat-obatan sudah di depan mata. Karenanya, dibutuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dari penyalahgunaan barang haram tersebut. “Peran masyarakat dalam pemberantasan narkoba ini sangat penting, karena tanpa kesadaran masyarakat ini pemberantasan narkoba sulit dicegah,” kata Kepala BNK Kaur, Drs.Supawan Said kemarin.

Menurut Supawan, kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan perlu untuk semakin ditingkatkan. Mulai dari lingkup rukun tetangga (RT) hingga kelurahan harus menjadi motor pencegah penyalahgunaan narkoba di lingkungan masing-masing.

\"Penyalahgunaan narkoba dapat menyerang siapa saja, apa lagi penyebaran narkoba ini sudah berbagai cara dilakukan pelaku,” terangnya. Lanjutnya, masyarakat harus lebih pro aktif dalam menyikapi perkembangan peredaran gelap narkoba yang semakin memprihatinkan. Salah satunya dapat melapor kepada pengurus RT atau desa setempat apabila melihat sesuatu yang mencurigakan.

\"Sikap tidak peduli masyarakat terhadap lingkungan kemudian dimanfaatkan oleh bandar untuk mengedarkan narkoba. Bahkan, ada orang tua yang tidak mengetahui jika anaknya sudah menjadi pecandul. Orang tua juga harus tahu ciri-ciri anak pengguna narkoba,\" jelasnya.

Ditambahkannnya, beberapa ciri pecandu narkoba dapat terlihat langsung secara fisik. Seperti, pecandu menjadi tertutup, penuh rahasia, dan cenderung suka menyendiri. Selain itu, seorang pecandu juga terkadang bersikap hiperaktif, bicara ngaco, sering gemetar, suka berbohong dan mencuri untuk membeli narkoba.

\"Barang-barang berharga miliknya banyak yang hilang karena mungkin dijual. Pecandu juga menjadi manipulatif dan sering kehabisan uang, menjadi pemalas, dan prestasi belajar menurun drastis,” tandasnya.(618)

Tags :
Kategori :

Terkait