BNI Financial Service Group, Diakui Terbaik di Asia Tenggara

Senin 02-02-2015,18:10 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, BE -Baru-baru ini BNI beserta dua anak perusahaannya yaitu BNI Life dan BNI Securities yang merupakan Layanan Keuangan Terpadu (BNI Financial Service Group) menerima penghargaan dari Alpha Southeast Asia Magazine untuk layanan Trade Finance, Remittance, Cash Management, Kredit Sindikasi Terbaik di Asia Tenggara, dan Merger & Akuisisi terbaik dengan partner internasional pada 29 Januari 2015 di Kuala Lumpur.

Tercatat lima aktivitas keuangan dan layanan di BNI dan anak perusahaan yang mendapat pengakuan sebagai pemberi layanan terbaik. Keempat penghargaan yang diberikan khusus kepada BNI dan anak-anak usahanya ini adalah Best Remittance Provider in ASEAN, Best Payable Solution of the Year In Southeast Asia, Best Trade Solution of the Year In Southeast Asia, dan Best Cross Border M & A Deal of the Year In Southeast Asia. Bukan hanya itu saja, BNI juga menjadi salah satu bank yang turut dalam kesepakatan Kredit Sindikasi terbaik dan memperoleh penghargaan Best Loan Deal Of the Year In Southeast Asia, yaitu dalam Kredit Sindikasi dengan PT Kereta Api Indonesia.

Kelima penghargaan tersebut diserahkan Alpha Southeast Asia kepada BNI di Kuala Lumpur, Kamis (29/5/2015).

Penghargaan Best Cross Border M & A Deal of the Year In Southeast Asia diperoleh karena anak usaha BNI yang  bergerak dibidang asuransi, yaitu BNI Life mencatatkan kesepakatan bisnis terbaik dengan Sumitomo Life Insurance Company senilai Rp 4,2 triliun. Dalam kesepakatan bisnis tersebut, anak usaha BNI lainnya, yaitu BNI Securities bertindak sebagai Co-Financial Advisers.

BNI juga dinilai layak mendapatkan penghargaan Best Payable Solution of the Year In Southeast Asia karena keunggulannya dalam memberikan layanan Cash Management. Salah satu layanan Cash Management adalah pembayaran Pajak Online (e-Tax) melalui BNI, dimana BNI merupakan bank pertama di Indonesia yang memberikan layanan elektronik secara real time dan menjadi bank asal Indonesia pertama yang memiliki layanan terintegrasi dengan kantor Pajak dan Kepabeanan di Kementerian Keuangan RI.

Saat ini begitu banyak nasabah yang memanfaatkan jasa BNI untuk membayar pajak. Terhitung sejak Januari sampai November 2014, tercatat 25,6 juta transaksi untuk pembayaran pajak lewat BNI. Dengan Nilai totalnya sebesar Rp 151,9 triliun. Pembayaran setoran penerimaan negara ini bisa dilakukan lewat layanan teller di kantor cabang, ATM, dan internet banking corporate BNI (BNIDirect).

\"Rangkaian penghargaan yang diterima BNI ini merupakan pengakuan terhadap fokus bisnis BNI saat ini, yaitu BNI Financial Services Group,” ujar Direktur Utama BNI Gatot M Suwondo.

Gatot juga menambahkan, \"Tahun 2015 ini merupakan tahun keenam bagi BNI mendapatkan pengakuan terbaik, Layanan Remitansi BNI menjadi terbaik itu semua karena didukung oleh jaringan luas di dalam & luar negeri, yaitu terdapat 5 Kantor Cabang di Luar Negeri (Singapura, Hong Kong, Tokyo, New York, dan London), satu Sub Branch di Osaka, Jepang, BNI Remittance Limited di Hong Kong, serta Remittance Representatives di negara potensial penempatan TKI. Saat ini, BNI memiliki lebih dari 60 Kantor Virtual tersebar di Arab Saudi, Uni Arab Emirate, Qatar, Kuwait, Oman, Bahrain, Taiwan, Hong Kong, Malaysia, Brunei, Singapura, Australia, dan Belanda.

“Jaringan BNI Smart Remittance juga dilayani dilebih dari 1.600 outlet BNI serta agen BNI yaitu Pos Indonesia, Alfamart, Pegadaian, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan mitra lainnya yang telah bekerjasama dengan total sebanyak 16.000 outlet,” imbuh Gatot. Jumlah transaksi incoming transfer sepanjang tahun 2014 mencapai 1.963.417 transaksi, dan outgoing transfer sebanyak 373.159 transaksi. Sedangkan nominal uang yang ditransfer dari Luar Negeri ke Indonesia melalui BNI selama tahun 2014 mencapai USD 40 Miliar serta kiriman uang dari Indonesia ke Luar Negeri melalui BNI mencapai USD 42 Miliar. Jaringan yang kuat dan luas di dalam dan luar negeri tersebut menyebabkan BNI menjadi peraih penghargaan Best Trade Solution of The Year in Southeast Asia 4 tahun berturut-turut. Penghargaan ini dapat diraih sebagai hasil dari layanan Trade Finance yang terus dikembangkan, seperti memenuhi komitmen Half Day Service, memastikan layanan yang diberikan oleh staf bersertifikasi, menggunakan BSTP (BNI e-Smart Trade Portal) yang memberikan kemudahan bagi nasabah untuk melakukan transaksi trade secara online dan realtime.

Sepanjang tahun 2014, BNI membukukan volume transaksi trade finance sebesar USD 31,1 milyar atau meningkat 8,9% dibandingkan volume trade finance yang diperoleh tahun 2013 (YoY). Transaksi trade finance di BNI saat ini didominasi oleh segmen korporasi meliputi sektor Agriculture (29%); Oil, Gas & Mining (21%); Food and Beverages (17%); Chemical (13%); Retail & Wholesalers (9%); Engineering & Construction (7%); dan Electricity (2%). Segmen Small Medium Enterprise (SME) saat ini juga digarap oleh BNI dalam mengembangkan transaksi trade finance terutama untuk sektor Retail & Wholesalers, Food & Beverages, dan Agriculture. \"(Rls/Ans)\"

Tags :
Kategori :

Terkait