Traffic Light Diabaikan

Senin 02-02-2015,14:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

CURUP, BE - Keberadaan lampu pengatur lalu lintas atau traffic light yang berada di Simpang Korem Curup, selalu diabaikan para penggunan jalan. Hal ini terlihat dari kebiasan pengendara yang melintas di simpang tiga tersebut yang tidak memperhatikan kondisi lampu.

Kebiasaan tersebut sepertinya sudah menjadi lumrah bagi mereka yang bisa melintas di kawasan tersebut, karena saat melintas para pengendara tidak pernah memperhatikan lampu apa yang menyala. Meskipun lampu sudah menunjukkan tanda merah namun pengendara tetap melanjutkan laju kendaraannya.

Sontak saja akibat selalu diabaikan sering terjadi kesemrawutan lalu lintas di kawasan tersebut, bahkan tak jarang terjadi kecelakaan lalu lintas. Diabaikannya lampu lalu lintas tersebut terutama saat siang hari.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Bengkulu Ekspress, selain karena sudah biasa, beberapa alasan pengendara mengindahkan traffic light adalah kondisi lalu lintas dikawasan tersebut sepi dan tidak sepadat ditengah kota curup. Selain itu rendahnya kesadaran masyarakat juga menjadi faktor utama diabaikannya rambu-rambu yang berfungsi mengatur laju kendaraan tersebut. Selain di kawasan Simpang Korem, pengendaran juga mengabaikan traffic light di Simpang Tiga Kelurahan Sukaraja.

Meski kondisinya tak separah di lampu merah simpang korem, namun dilokasi itu sering sekali pengendara menerobos trafic light. Menurut sejumlah warga, kondisi tersebut selain kurang sadarnya pengendara lalulintas, disebabkan karena kurangnya pengawasan petugas.

\"Kalau pagi hari memang tertib, karena ada petugas Satlantas yang berjaga dan mengatur lalulintas, tapi kalau sudah siang lalulintas kembali semrawut,\" aku pengendara Samsul(32). Bahkan, menurut Samsul karena sudah terbiasa melintasi persimpangan itu, pengendara tak lagi pelan-pelan, namun dengan kecepatan tinggi, padahal sangat membahayakan diri sendiri. Menurutnya, selain kesadaran masyarakat agar tertib lalulintas, Ia berharap agar petugas satlantas bisa stan by atau dibagun pos satlantas. \"Kalau ada petugas saya yakin pengendara tertib mematuhi rambu-rambu disekitar trafic liht,\" tambahnya.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait