Pleno Verifikasi Faktual

Selasa 18-12-2012,12:02 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

ARGA MAKMUR, BE - Menghadapi pemilukada 2014 mendatang, KPU Kabupaten Bengkulu Utara  menggelar pleno terbuka untuk 16 Parpol yang sudah masuk ke data KPU di aula SD Model kota Arga Makmur, ketua KPU kabupaten Bengkulu Utara kota Arga Makmur, Eko Sugianto SP  mengatakan syarat minimal untuk bisa masuk ke verifikasi tersebut adalah 75% dari kepengurusan yang ada di kabupaten dan ada di kepengurusan provinsi sehingga harus ada 8 kabupaten yang lulus. \"Verifikasi ini rumit sekali dan harus teliti,\" kata Eko.

Meski tidak menyebutkan berapa partai yang masuk dan akan keluar. Kemungkinan besar ada pleno tahap pertama ini ada partai yang tidak lulus karena tidak memenuhi syarat dan melakukan perbaikan. Meski demikian untuk kehadiran pleno hari ini yang bersifat undangan maka ketua atau pengurus inti partai tidak wajib untuk hadir dan bisa diwakilkan dengan syarat diakui partai masing-masing dan tercatat. \"Pengurus wajib hadir sesuai dengan ketentuan KPU,\" jelas Eko yang juga menjabat ketua DPD KNPI Provinsi Bengkulu.

Menyangkut daerah pemilih (dapil), sesuai dengan UU No 8 tahun 2012 setiap dapil harus memiliki minimal 3 kursi dan maksimal 12 kursi. Sementara untuk dapil 2014 mendatang ada 15 kursi dari sebelumnya karena pemekaran Bengkulu Utara dan Benteng, sehingga harus memunculkan setiap kecamatan yang ada di kabupaten. Lanjutnya dari 8.498 jumlah penduduk harus ada yang mewakili 1 kursi, sementara kecamatan Giri Mulya jumlah penduduk 10.962, Padang Jaya 29.108, dan Air Padang 5439 penduduk sehingga terdapat 5 kursi. \"Bengkulu Utara hanya ada 30 kursi, sehingga dari jumlah penduduk dibagi dengan jumlah kursi yang ada dan tidak bisa berlebih, dan harus disesuaikan dengan jumlah penduduk,\" pungkas Eko. (117) Data Dapil Sementara Kabupaten Bengkulu Utara : Dapil I        : Kecamatan Arga Makmur, Lais, Arma Jaya, dan Batik Nau Dapil II     : Kecamatan Padang Jaya, Giri Mulya, dan Air Padang Dapil III  : Kecamatan Enggano, Air Besi, Air Napal, Hulu Palik, dan Kerkap Dapil IV   : Kecamatan Napal Putih, Ketahun, Putri Hijau, dan Ulok KUpai

Tags :
Kategori :

Terkait