Golput Capai 26 Ribu Jiwa

Jumat 11-07-2014,14:22 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

TUBEI,BE - Hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) di Kabupaten Lebong,  pasangan Joko Widodo - Jusuf Kala berhasil mengungguli pasangan Prabowo Subianto- Hatarajasa hampir diseluruh Kecamatan di Kabupaten Lebong. Bahkan dari 12 kecamatan di wilayah Kabupaten Lebong, pasangan nomor urut 2 berhasil menang di 10 Kecamatan sedangkan Pasangan nomor urut 1 berhasil menang di 2 kecamatan.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun dilapangan, pasangan nomor urut 2 meraih 29.386 suara dan pasangan nomor 1 berhasil mendapatkan suara sebanyak 22.939 suara. Sedangkan untuk angka golongan putih (Golput) atau warga yang tidak menggunakan hak suaranya cukup tinggi mencapai 26.381jiwa.

Terkait perolehan suara dari masing-masing kandidat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong belum mau berkomentar telalu banyak, hingga dilakukan rekapitulasi surat suara di tingkat Kabupaten.

\"Kita belum mau mengomentari data yang diperoleh kawan-kawan di lapangan, sesuai dengan tahapan KPU. Perolehan suara baru dikatakan final kalau penghitungan (rekapitulasi) tingkat Kabupaten dilakukan. Kalau sekarang kawan-kawan di PPS baru mula melakukan Rekapitulasi hingga tanggal (12/7), selanjutnya penghitungan suara di tingkat kecamatan yang dilaksanakan pada tanggal 13-15 Juli.

Setelah itu rekapitulasi dilakukan pada tingkat kabupaten pada tanggal 16-17 Juli. Jadi kita belum bisa berkomentar terlalu banyak tentang perolehan suara ini,\" jelas Ketua KPU Kabupaten Lebong Sugianto kemarin.

Terkait tingginya angka golput pada saat pelaksanaan Pilpres 9 juli 2014 ini, Ketua KPU mengatakan  sudah berupaya mensosialsasikan pelaksanan pencoblosan tersebut ke masyarakat. Namun pihak KPU tidak bisa memaksakan pemilh menggunakan hak suaranya.

\"Memang kita sudah menduga akan terjadi penurunan jumlah pemilih, sosialisasi sudah kita lakukan,\" pungkas Sugianto.(777)

Tags :
Kategori :

Terkait