Gerrard Cs Dilarang Berendam

Rabu 04-06-2014,09:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

SELAMA perhelatan Piala Dunia 2014, Steven Gerrard dkk akan menginap di hotel Royal Tulip.  Hotel mewah di Rio de Janeiro itu dianggap lokasi menginap yang ideal bagi skuad asuhan Roy Hodgson tersebut.

Sebab, selain letaknya yang strategis dan fasilitasnya yang lengkap, hotel ini juga terletak di pinggiran Pantai Sao Conrado.

Namun, keberadaan pantai ini justru menjadi ancaman bagi Gerrard dkk.  Mirror kemarin kemarin mengabarkan, bahwa sudah ada pesan peringatan buat Gerrard dkk agar tidak berendam di pantai.

Kenapa tak boleh berendam?  Menurut Mirror, musim hujan membuat pantai berpasir putih itu berubah fungsi menjadi jamban raksasa.  Sebab, air hujan yang turun langsung menggelontor kotoran dari selokan di Rio de Janeiro menuju laut Atlantik.

Akibatnya laut menjadi kotor dan fungsinya pun berubah menjadi jamban raksasa.  Kondisi ini berpotensi menyebabkan berbagai penyakit bagi siapapun yang berendam di sana. Mulai dari sakit perut, meningitis, typhoid, gastroenteritis dan hepatitis. \"Ini yang menjadi ancaman bagi pemain jika mereka nekat berendam di pantai,\" kata salah seorang warga lokal kepada Mirror.

Kelompok pecinta lingkungan dan peselancar sebetulnya sudah sering mendesak pemerintah setempat untuk membersihkan kawasan pantai.  Namun, permintaan itu sulit untuk dipenuhi.

Pasalnya, ada sekitar 100 ribu warga yang tinggal di daerah kumuh Rochina, yang letaknya setengah mil dari hotel tempat pemain Inggris menginap.  Kawasan ini diklaim menyumbang sekitar 70 persen limbah kota yang mengalir ke pantai. (bas)

Tags :
Kategori :

Terkait