Timbangan Tak Standar

Selasa 11-12-2012,08:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BELUM lama ini Disperindag Provinsi  melakukan inspeksi mendadak di sejumlah Pasar Tradisional dan pertokoan di dalam Kota Bengkulu.  Dalam Sidak ini terungkap sekitar 85 persen tera ukur atau takar timbangan milik pedagang pasar, tak memenuhi standar.

Kasi Pengawas dan Penyuluh  Metrologi Disperindag Provinsi Bengkulu, Edmon Tanjung menuturkan, hampir seluruh  timbangan milik pedagang tidak layak dan melanggar aturan.  Sebagian besar menggunakan timbangan  yang sudah usang.  Penggunaan timbangan tak layak tersebut melanggar Undang-Undang No. 2 tahun 1981 tentang Metrologi Legal dan Perda No. 5 tahun 2005.

\"Timbangan yang memenuhi standar yakni jenis timbangan besi, tapi kebanyakan pedagang menggunakan timbangan jenis plastik   yang kegunaanya hanya untuk  keperluan rumah tangga, dan bukan untuk transaksi jual beli,\" katanya.

Pun begitu, tim tidak menyita  timbangan yang menyalahi tersebut.  \'\'Tim hanya mensosialisasikan  alat ukur yang standar, dan diharapkan pedagang tidak menggunakan timbangan plastik lagi,\'\' saranya. (247)

Tags :
Kategori :

Terkait