Penduduk Bengkulu Capai 2,01 Juta Jiwa

Jumat 07-12-2012,09:04 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU,BE- Pemerintah Provinsi (Pemprov) , menyerahkan Daftar Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) kepada Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Provinsi Bengkulu.  DAK2 ini diserahkan langsung Plt Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah kepada Ketua KPU Provinsi Soemarno MPd.    Data ini sebagai awal pelaksanaan pembagian jumlah dan Dapil pelaksanaan Pemilu 2014. Kabid Dukcapil, Biro Administrasi Pemerintahan Provinsi Bengkulu, Azharuddin SH mengatakan jumlah penduduk sebanyak 2.010.172 di Provinsi Bengkulu   dalam DAK2 yang diserahkan ke KPU, mengalami peningkatan dibandingkan jumlah penduduk menjelang Pemilu pada lima tahun lalu.

\"Diharapkan, dengan diserahkan data DAK2 secara serentak oleh pemerintah pelaksanaan penyusunan daerah pemilihan oleh KPU akan dapat segera dilaksanakan di kabupaten/kota dan provinsi,\" katanya. Ia mengatakan,  dari total jumlah penduduk Bengkulu berdaarkan data DAK-2 yang diserahkan, tidak menutup kemungkinan akan bertambah, mengingat adanya pertambahan usia serta sejumlah masyarakat yang belum terdaftar, hingga tanggal 7 Februari 2012 masa akhir penyerahaan DP4 peserta Pemilu.

Dia mengatakan, penyerahan DAK2 merupakan dasar dalam pemilihan umum anggota DPR, DPD, DPRD sebagaimana di amanatkan oleh Undang-Undang No 08 Tahun 2012, sebagai saran perwujudan kedaulatan rakyat yang menghasilkan wakil rakyat yang aktif, berkualitas berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 RI. \"Pemerintah daerah pusat hingga pemerintah daerah menyediakan data kependudukan dalam bentuk DAK2 sebagai bahan buat KPU untuk menyusun daerah pemikiran DPRD provinsi dan DPRD kabupaten kota.  DAK2 ini diserahkan paling lambat 16 bulan sebelum hari pemungutan suara, menindaklanjuti amanat dari Undang-Undang No 08 tahun 2012,\" katanya.(100)

Tags :
Kategori :

Terkait