Dalam menciptakan pembelajaran yang efektif, sangat tergantung dengan kesiapan dan kreatifitas peserta didik. Tetapi yang perlu diingatkan adalah menciptakan proses pembelajaran dengan kondisi menyenangkan, yang merupakan langkah harus dipersiapkan oleh guru. Karena itu dituntut guru yang memiliki kecerdasan secara akademik dan pandai berinovasi positif. Hal ini disampaikan oleh Guru Matematika SMAN 1 Talang Empat, Puji Hartati S.Pd. Menurutnya, jika guru selalu berinovasi dalam proses pembelajaran. Akan tercipta suasana Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) penuh sikap pandang saling mengerti. “Kuncinya pada guru, tidak harusnya guru selalu menjadi objek ditakuti peserta didik. Harus memberi kenyamanan belajar peserta didik,” katanya. Dijelaskannya, seorang guru tidak perlu mengeluh dengan kegagalan yang dialami siswa, sebaliknya berkhayal tentang keberhasilan siswa tanpa berbuat apa-apa. “Jadi kalau dikaji lebih optimal, memang keberadaan guru menjadi penentu seorang peserta didik. Guru tidak perlu mengecam hal-hal negatif pada diri siswa dan khayalan tinggi, tetapi memberi motivasi,” jelasnya. Ia menambahkan, sebagaimana hasil belajar siswa di bawah rata-rata atau bawa standar ketuntasan belajar minimal (KKM). Dengan mengindentifikasi bahwa siswa tersebut kesulitan dalam belajar. Perlu dikaji lagi kesulitan dari belajar dalam yang dialami siswa untuk mencapai sebuah perubahan. \"Kesulitan dalam melakukan proses belajar dan mengajar harus dicarikan solusinya,\" tambahnya. (111)
Guru Cerdas Berinovasi
Selasa 18-03-2014,17:00 WIB
Editor : Rajman Azhar
Kategori :