SOUTHAMPTON, BE - Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology mengungkapkan aktivitas berjemur di bawah sinar matahari dapat membantu mengurangi tekanan darah dan menurunkan resiko serangan jantung serta stroke. Hasil penelitian ini merupakan studi yang dilakukan Universitas Southampton dan Edinburgh di Inggris. Mereka mendapati sinar matahari mampu mengubah level molekul kecil, seperti oksida nitrat ( NO ) pada kulit dan darah, sehingga mampu mengurangi tekanan darah. \"Seperti diketahui, NO bersama dengan turunannya terdapat dalam jumlah berlimpah di dalam kulit, mereka berperan serta mengatur tekanan darah. Karenanya, tatkala terkena sinar matahari sejumlah kecil NO ditransfer dari kulit ke sirkulasi pembuluh darah, mereka menurunkan tekanan darah sehingga risiko atas serangan jantung dan stroke pun menurun,\" jelas Professor Martin Feelisch dari Experimental Medicine dan Integrative Biology University of Southampton. Kepada redorbit, Martin menjelaskan, penyakit jantung sering dikaitkan dengan tekanan darah tinggi. Penyakit ini menyumbang 30 persen kematian global setiap tahun. Selain penyebab lainnya, tekanan darah dan penyakit kardiovaskular ini diketahui bervariasi sesuai dengan kondisi musim dan dimana lokasi seseorang tinggal berdasar garis lintang. (esy/jpnn)
Berjemur Turunkan Risiko Stroke
Senin 27-01-2014,09:52 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar
Tags :
Kategori :
Terkait
Terpopuler
Senin 08-06-2026,15:13 WIB
Mahasiswa BK FKIP UNIB Magang di Sahabat Profesional Indonesia, Siapkan Diri Hadapi Dunia Kerja
Senin 08-06-2026,12:43 WIB
Tangis Haru Sambut Kepulangan Jemaah Haji Bengkulu, Dedy Wahyudi Kenang Perjuangan Berat di Tanah Suci
Senin 08-06-2026,11:28 WIB
Vario 125 Raih Favorite Bike, Astra Motor Bengkulu: Bukti Skutik Ini Tak Tertandingi
Senin 08-06-2026,11:14 WIB
Honda Gelar HOLA HOOP TOP di SMKN 3 Seluma, Hadirkan Hiburan hingga Promo Motor Mulai Rp900 Ribuan
Senin 08-06-2026,11:50 WIB
Gaji ke-13 ASN Mukomuko Mulai Cair, Kelompok Pegawai Ini Dipastikan Absen
Terkini
Senin 08-06-2026,20:04 WIB
Astra Motor Bengkulu Perkuat Edukasi di Sekolah Binaan SMKN 3 Seluma Lewat Seminar Pendidikan
Senin 08-06-2026,20:02 WIB
Astra Motor Bengkulu Hadirkan Edukasi Digital untuk Siswa Binaan di SMKN 3 Seluma
Senin 08-06-2026,20:01 WIB
Astra Motor Bengkulu Kenalkan Layanan Digital Motorku X di Sekolah Binaan SMKN 3 Seluma
Senin 08-06-2026,18:09 WIB
Gandeng Jurnalis, Astra Motor Bengkulu Edukasi Sekolah Binaan Cegah Hoaks dan Bijak Bermedia Sosial
Senin 08-06-2026,18:03 WIB