BERSANTAI sambil menonton program TV favorit memang menyenangkan. Tapi jangan salah, semakin lama anda menonton TV, arteri dalam tubuh akan kaku dan ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung di kemudian hari. \"Fakta bahwa arteri anda tidak elastis, maka akan meningkatkan risiko terkena hipertensi serta penyakit kardiovaskuler lain di kemudian hari,\" kata epidemiolog senior di Maastricht University di Belanda, Sabel Ferreira, seperti dilansir laman Reuters. Pada studi ini, peneliti ingin melihat apakah tanda awal kerusakan yang disebabkan jarang beraktivitas bisa dideteksi pada orang dewasa muda. Mereka menggunakan data dari 373 perempuan dan laki-laki yang mengisi kuisioner tentang kegiatan nonton TV, olahraga, dan kebiasaan lain di usia 32 tahun dan 36 tahun. Peserta usia 36 tahun juga melakukan pengukuran ultrasound untuk melihat tingkat kekakuan beberapa arteri utama dalam tubuh. Peneliti menemukan peserta yang menghabiskan rata-rata 20 menit lebih untuk menonton TV per hari, memiliki arteri karotis (pembuluh darah utama di leher dan kepala) yang lebih kaku. Hasil yang sama terlihat juga pada kekakuan arteri femiralis di kaki. Ferreira mengatakan batas waktu menonton TV bagi orang dewasa muda yaitu dua jam, sama dengan rekomendasi American Academy of Pediatrics untuk waktu maksimum anak-anak menonton TV. \"Bahkan jika mereka melakukan aktivitas fisik, itu tidak akan memperbaiki efek buruk dari terlalu lama duduk. Anda harus tetap aktif dan tidak menghabiskan lebih dari dua jam duduk di depan TV, komputer, atau laptop per hari,\" kata Ferreira. Sementara itu, profresor di University-Bloomington School of Public Health, Joel Stager mengatakan arteri yang kaku tidak akan menimbulkan masalah kesehatan secara langsung tapi akan muncul di kemudian hari. Ia menambahkan studi baru ini belum bisa membuktikan menonton TV adalah penyebab utama arteri jadi kaku. Bisa saja ada faktor lain. (jpnn)
Lama Menonton TV, Bahaya
Minggu 10-11-2013,11:20 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar
Tags :
Kategori :
Terkait
Terpopuler
Senin 08-06-2026,20:02 WIB
Astra Motor Bengkulu Hadirkan Edukasi Digital untuk Siswa Binaan di SMKN 3 Seluma
Senin 08-06-2026,17:47 WIB
Bengkulu Bentuk Sentra Komando, Data Stunting dan Kemiskinan Akan Terintegrasi
Senin 08-06-2026,17:41 WIB
DPRD Provinsi Bengkulu Desak PKS Patuhi Harga Sawit, Petani Jangan Dirugikan
Senin 08-06-2026,17:50 WIB
Pemprov Bengkulu Bidik 250 Ribu Wisatawan di Festival Tabut 2026, UMKM Diprediksi Raup Untung Besar
Terkini
Selasa 09-06-2026,15:33 WIB
Kasus OTT KPK Rejang Lebong Disidang, Jaksa Ungkap Praktik Plotting Proyek dan Fee Miliaran
Selasa 09-06-2026,15:30 WIB
Beasiswa Sawit 2026 Dibuka, Bupati Ajak Putra-Putri Bengkulu Selatan Manfaatkan Kesempatan Kuliah Gratis
Selasa 09-06-2026,14:55 WIB
40 Tim OPD Siap Ramaikan Turnamen Minisoccer Walikota Cup I 2026, Perebutkan Hadiah Rp10 Juta
Selasa 09-06-2026,14:52 WIB
Pemkot Bengkulu Intensifkan Pemantauan Kesehatan Jemaah Haji Pasca Kepulangan dari Tanah Suci
Selasa 09-06-2026,14:51 WIB