KIA Hadirkan Carens di Bengkulu Senyaman Pesawat

Jumat 01-11-2013,09:22 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

  BENGKULU, BE - Salah satu produk unggulan dari KIA Motors saat ini adalah Carens. Menurut Manajer KIA Motors Bengkulu Syaikul S Taim atau akrab dipanggil Pak Sayji atau Pak Eji ini, Carens punya keunikan sendiri di kelasnya. \"Carens dengan modelnya lebih banyak berkiblat ke Eropa ini memiliki disain interior yang bagus, menggunakan AC dua warna, biru dan merah.

Biru untuk pendingin dan merah untuk pemanas. Letaknya tidak hanya di depan seperti di mobil-mobil kebanyakan saat ini, tetapi juga disamping kiri-kanan, dan belakang. Ada pengaturan tempat setir seperti untuk jalan bagus, jalan sedang dan jalan dengan medan yang berat.

KIA Carens yang memiliki 7 tempat duduk ini sangat cocok dan nyaman digunakan untuk anda bepergian bersama keluarga, atau para executive yang menginginkan kenyamanan lebih, hal ini didukung dengan penggeraknya menggunakan roda depan, tidak pakai sasis, sehingga memungkinkan pengendara dan penumpangnya merasakan kenyamanan seperti di dalam pesawat.\" katanya bangga. Ditambahkannya lagi bahwa: \"Unit Carensnya ini memiliki garansi servis selama 5 tahun, tidak 3 tahun seperti yang lain. Kenapa 5 tahun? Karena kita yakin dengan kualitas dan mutu produk.\"

PT. Global Mobilindo, Maju Motor Grup, salah satu anak perusahaannya adalah KIA Motors sudah memiliki main dealer di seluruh Indonesia. Untuk sumatera sendiri sudah ada di beberapa provinsi antara lain: Jambi, Bangka Belitung, Palembang, Bengkulu. Di Bengkulu sendiri KIA MOTORS baru berdiri 1 tahun, tepatnya 1 Oktober 2012 yang berpusat di Jl. Sutoyo RT 03 RW 2 Kel.

Tanah Patah, Kec. Ratu Agung Bengkulu. KIA Motors Bengkulu melayani 3 S (sales, servis dan spare part). Dari awal berada di Bengkulu, KIA Motors sudah 80-90 unit terjual. Jumlah jenisnya ada, Picanto, Rio, Carens, Sportage, Sorento, Optima (mobil penumpang), komersil, Pick-up, travelo, Prejia, Carens (keluaran terbaru).

KIA memiliki keunggulan global, adalah Produk International, saat ini KIA telah memiliki pasar tersendiri di Eropa, hal inilah yang mungkin menyebabkan KIA lebih berkiblat ke Eropa. Unitnya CBU (rakitan dari Korea) tidak dirakit di negara setempat, sehingga memungkinkan mutu dan kualitasnya terjamin.

Kemudian lagi setiap dikeluarkan dapat penghargaan segi keamanan seperti: The best city car, The best Engine dan lain-lain. KIA memiliki harga yang termurah disetiap segmennya. Dari segmen pasar, Pak Eji mengatakan: \"KIA tergantung produk-produknya, ia mencontohkan jenis Picanto lebih ke wanita atau Ibu-ibu karena bentuknya yang imut atau mungil. Jenis Rio executive muda, Mahasiswa. Jenis Esuvi lebih ke mereka yang menyukai tantangan dan sport.\"

Saat ini KIA Motors Bengkulu memiliki karyawan 16 orang. Diantaranya administrasi, servis (bengkel) dan lebih menekankan pada divisi marketing. Pak Syaikul S Taim sudah menjadi Manajer sejak Oktober 2012 atau dari awal KIA hadir di Bengkulu. Mengawali karir sebagai marketing di sepeda motor Suzuki, prosesnya sama seperti yang lain saat buka lowongan memasukkan lamaran di Bengkulu.

Sejak awal ada beberapa upaya yang dilakukan dalam meluaskan pasar yaitu: mempromosikan KIA itu apa, kualitas KIA, jemput bola (datang ke rumah-rumah satu-persatu), servis dan spare part selalu siap (space miving), mengenalkan KIA sudah ada di Bengkulu, mengikuti pameran yang ada, salah satunya saat ini adalah bersama dengan perusahaan otomotive lainnya mengikuti event pameran otomotive yang sedang diadakan oleh BCA Finance di BIM, memenuhi tenaga penjual (sales), kanvasing, hari minggu dan libur tetap buka, dan lain-lain.

Pak Eji mengatakan: \"Saat ini strategi pasar KIA tidak muluk-muluk, dalam satu tahun pertama ini kita lebih kepada upaya memperkenalkan produk KIA ke Masyarakat Kota Bengkulu. Karena menurutnya, KIA memiliki produk yang bagus, tetapi belum banyak yang tahu.

Sekarang ini sebagai main dealer kita tidak untuk datang, jualan, kemudian tahun depan pindah lagi, tetapi untuk tetap memenuhi, melayani kebutuhan konsumen kita dan mayarakat umumnya.\"

KIA adalah singkatan dari \"Korean International Automotive\" atau \"Korea Industrial Autocar\", atau dalam bahasa koreanya adalah \"Terbit di Asia\". KIA berdiri pada tahun 1944 di Seoul, Korea Selatan. Dulunya, KIA memproduksi truk roda tiga. Pada tahun 1992, KIA memproduksi Truk kecil dengan nama Ceres. Pada tahun 1998, Saat krisis ekonomi, sahamnya dibeli oleh Hyundai Motors. Sebelumnya, Nama KIA Motors sendiri bernama Asia Motors (tahun 1986 - 1990).

Di Indonesia, KIA Motors memiliki cerita kesuksesan sendiri. Berawal dari penjualan KIA Sportage yang dipakai oleh Pejabat atau petinggi Polri dan TNI setingkat Brigjen dan Kolonel, selain Sportage, KIA Retona pun digunakan untuk acara khusus. Selain di bidang keamanan, KIA Mobil Indonesia juga memiliki cerita kesuksesan di bidang Transportasi umum.

KIA Pregio dan Travello, adalah mobil yang mempunyai penjualan tertinggi diantara mobil sekelasnya. Umumnya, kedua mobil ini digunakan untuk transportasi komersil seperti travel, rental mobil, Ambulans. Di kota - kota besar, sebagian armada Taksi pun menggunakan mobil KIA. Diantaranya KIA Rio, KIA Pride (tahun 2010) dan Mobil Timor. (Cik 13)

Tags :
Kategori :

Terkait