Inul Daratista Ingin yang Luar Biasa

Jumat 06-09-2013,08:52 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

MENYANYI di hadapan banyak orang mungkin sudah biasa bagi sosok Inul Daratista. Namun untuk mengomentari penampilan penyanyi sebagai juri, merupakan suatu hal yang baru bagi pelantun Buaya Buntung itu. Hal itu dilakukannya dalam ajang Karaoke World Championship (KWC) Indonesia Trial 2013.

Ajang pencarian penyanyi karaoke itu merupakan terobosan baru yang dilakukan Inul melalui jaringan karaoke miliknya, Inul Vizta. \"Ini luar biasa. tidak ada permainan di sini. Dari 100 outlet Inul Vizta diambil semuanya. 100 peserta disaring-saring sampai jadi 12 besar. Saya baru di sini (final, Red) jadi juri. Tidak ada permainan. Murni dari kualitas mereka,\" ujarnya usai acara final KWC di FX X\'nter, Senayan, Jakarta.

Inul menjelaskan, setelah pengumuman pemenang, dirinya bersiap mengirimkan sepasang muda-mudi untuk bertarung di ajang KWC yang akan dihelat di Lappeenranta, Finlandia pada 21-24 November mendatang.

Baru tahun ini digelar, istri dari Adam Suseno ini mengaku, sebenarnya dia sudah mendapat tawaran dari tahun lalu. \"Mendapatkan lisence ini sudah dari tahun lalu. Cuma waktunya terlalu mepet. Jadi saya simpan sekarang. Kalau lomba karaoke biasa-biasa aja saya nggak mau. Maunya yang luar biasa,\" kata ibu satu anak ini.

Untuk menemukan siapa yang pantas mewakili Indonesia di ajang internasional itu, Inul sudah melakukan audisi sejak jauh-jauh hari. Tepatnya pada April lalu, dia mengadakan audisi di 100 outlet Inul Vizta yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

\"Dari juara di outlet itu, tiga terbaik saya kumpulkan dan bersaing di audisi final ini. Sampai ketemu satu pria dan wanita yang bisa mewakili Indonesia. Dari acara final ini terpilih Nina dan Billy yang berangkat ke sana,\" jelasnya didampingi juri lain, Yana Julio.

Pedangdut yang dikenal dengan Goyang Ngebor itu tak memasang kriteria tinggi. Turut menjadi juri, Inul sadar diri, tidak bisa menyamakan kualitas penyanyi profesional dengan penyanyi amatir. \"Kalau mau cari yang berkualitas susah, kan mereka amatir,\" imbuh wanita yang pernah berseteru dengan Rhoma Irama itu.

Meski baru kali pertama diadakan, wanita kelahiran Pasuruan, 21 Januari 1979 itu tak menampik kalau dirinya menggelontorkan banyak dana dalam gelaran ini. \"Habis-habisan lah. Pokoknya saya berusaha maksimal dapat yang terbaik,\" ucapnya.

Pedangdut yang melejit lewat \'Goyang Ngebor\' itu memang tak menyebut nominal. Namun, dari banyaknya kontestan yang ikut audisi untuk dikirim ke ajang itu, bisa terbayang ratusan juta. Untuk menggelar audisi final di Jakarta saja, Inul harus menerbangkan masing-masing tiga orang dari 100 outlet yang ada di Indonesia. Selain tiket pesawat, akomodasi selama di Jakarta juga ditanggung Inul.

Dia tak masalah merogoh banyak uang. Asalkan bisa menemukan sosok yang pantas mewakili Indonesia di ajang internasional itu. \"Saya tidak pernah kecewa dengan yang saya lakukan, karena kerja keras membuahkan hasil. Jangan putus asa, walaupun sudah capek, keluar uang lebih,\" imbuh pemilik nama lengkap Ainur Rokhimah ini.

Selain itu, lanjutnya, dengan gelaran tersebut, dirinya merasa memiliki kepuasan tersendiri. \"Aku cari kepuasan tersendiri, karena karaoke yang lain belum bisa seperti ini. Kalau mau bikin kayak gini, karena license-nya di saya, ya tunggu saya bosan dulu dan nggak pakai license itu lagi,\" tandasnya. Dia pun menaruh harapan dari ajang yang rencananya digelar rutin itu. \"Paling tidak bisnis yang aku bangun ada nilai lebih, jadi sorotan yang bagus. Saya harus terus ada di atas kompetitor,\" tambahnya.

Mengenai penjurian, pertama kali menjadi juri, Inul mengaku cuek dengan komentar-komentar yang dilontarkan. \"Kalau jadi juri baru kali ini. Ini juga pertama kali Inul Vizta mengadakan. Walau nggak seheboh yang di tv tapi luar biasa. Juriinnya cuek aja karena sudah biasa dengan suara bagus. Tapi pengen yang kualitasnya kaya penyanyi beneran agak susah karena mereka masih amatir. Benar-benar jebolan dari karaoke,\" pungkasnya. (dew)

Tags :
Kategori :

Terkait