Cara Jitu Merawat Skutik Honda

Jumat 30-08-2013,10:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

  BENGKULU, BE - Motor matik injeksi memang tidak seperti motor bebek pada umumnya, perawatan yang dilakukan pun harus lebih baik agar maksimal untuk dikendarai. Dengan perawatan yang tepat, motor matik anda akan awet dan performanya tidak mudah menurun. Honda juga telah mengusung program dengan tema Mudah, Hebat, dan Hemat maka konsumen tidak perlu khawatir bagaimana cara merawat skutik Honda. Karena, Honda telah membuktikan bahwa perawatan yang dilakukan sangat mudah dilakukan. Perawatan motor Honda selalu mudah dan tidak ribet seperti motor-motor lainnya karena itulah tema yang di usung oleh honda salah satunya adalah Mudah maka masyarakat Bengkulu perlu tahu beberapa tips jitu yang akan di berikan kepada konsumen pecinta Honda. Berikut ini beberapa cara jitu merawat skutik agar kondisinya selalu terjaga dan nyaman saat digunakan oleh pengendara ketika mengemudi : Pertama, sebelum motor digunakan sebaiknya motor mesin dipanaskan terlebih dahulu. Biarkan mesin menyala sekitar 1-5 menit dalam keadaan stasioner. Kegiatan ini berfungsi agar oli pelumas mesin bisa melumasi sparepart yang ada didalam mesin. Kedua, saat mengendarai motor, pengendara jangan sering mengubah kecepatan laju motor. Contohnya ketika melaju cepat tiba-tiba mengerem atau sebaiknya. Dengan cara seperti itu bisa memperpendek usia mesin. Ketiga, lakukan servis rutin dibengkel AHASS langganan yang sudah terpercaya secara berkala, setidaknya 2-3 bulan sekali atau ketika motor sudah mencapai batas 2000 km penggunaan. Keempat, saat servis juga sebaiknya lakukan penggantian oli mesin. Hal ini untuk membuang oli yang telah kotor dan tentunya menjaga tingkat kekentalan oli mesin. Selain oli mesin, cek juga oli shock breaker. Kelima, lakukan pengecekan kondisi tanki bensin. Jangan sampai membiarkan kondisi tangki bensin dalam keadaan kosong. Mengisi bensin tak perlu menunggu bensin hingga jarum menunjuk ke huruf E (Empty). Keenam, jika harus mengganti spare part usahakan menggunakan spare part asli Honda meskipun harganya sedikit mahal tetapi kualitasnya terjamin dan ada garansi. Ketujuh, selalu periksa busi dan aki. Sebab kedua perangkat tersebut membuat motor matik bertenaga dan melaju kencang. Apabila aki atau busi sudah tidak berfungsi, gantilah dengan yang baru dan orisinil di gerai HGP atau AHASS. Kedelapan, yang perlu diperhatikan juga adalah dengan memeriksa kondisi Fan Belt dan roller/bearing secara rutin. Jika sudah tidak layak gantilah dengan yang baru dan orisinil. Selalu perhatikan ruang transmisi, karena pada ruangan ini terdapat komponen yang rentan kotoran. Bersihkanlah ruang transmisi secara berkala setiap 4 ribu km. (rel)

Tags :
Kategori :

Terkait