Pabrik CPO Mini Bakal Beroperasi

Minggu 21-10-2012,10:18 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

MUKOMUKO,BE – Petani kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko akan memiliki pabrik Crude Palm Oil (CPO) mini yang berlokasi di Kecamatan Penarik. Pabrik itu dibangun atas kerjasama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Mukomuko Maju Sejahtera (PT MMS) dengan  PT Sawit Bengkulu.

Kegiatan usahanya diproyeksikan menerima hasil panen petani yang selama ini didominasi oleh perusahaan besar. \" Jika tidak ada perubahan, akhir tahun ini sudah bisa beroperasi, \" beber  Direktur PT MMS Kabupaten Mukomuko Bambang Irawan SE.

Saat ini, pembangunan pabrik itu masih tahap penyelesaian akhir.  Dijelaskannya,  meskipun  pabrik itu dikelola oleh BUMD. Mekanisme pembelian tandan buah segar (TBS) dari petani  berdasarkan kualitas buah. \" Pabrik di Mukomuko tidak seluruhnya pabrik mau menerima TBS hasil panen petani . Namun, di pabrik ini seluruhnya akan diterima dan dihitung sesuai dengan rendemen \"  jelasnya.

Pabrik ini dibangun dengan tujuan  membantu masyarakat khususnya petani sawit. Dari prioritas utama bukan untuk mendapatkan keuntungan perusahaan semata. (900)

Tags :
Kategori :

Terkait