PMI Kumpulkan 56 Kantong Darah

Kamis 11-10-2012,12:21 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

MUKOMUKO, BE – Ternyata minat warga Mukomuko untuk mendonorkan darah cukup tinggi. Ini dibuktikan dengan banyak warga yang mendaftarkan diri untuk mendonorkan darah mereka ke Palang Merah Indonesia (PMI) Mukomuko saat dibukan kegiatan donor darah di di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Mukomuko, kemarin.

“Sejak pagi hingga siang ini pendaftar sudah mencapai 76 orang. Hanya saja yang bisa diambil darahnya sebanyak 56 kantong, sedangkan selebihnya tidak bisa

mendonorkan darahnya karena peserta yang bersangkutan kurang fit. Seperti ada yang kurang tidur, tensi rendah dan tinggi,” ungkap Kepala Markas PMI Kabupaten Mukomuko, Marwan Toni.

Dikatakan Marwan, peserta yang mendonorkan darah tersebut tak hanya datang dari kalangan para pejabat Pemkab Mukomuko , TNI dan Polri melainkan para pelajar yang umurnya sudah di atas 17 tahun pun ikut mendonorkan darahnya.

Darah yang telah terkumpul itu oleh pihaknya akan disuplaikan ke Unit Transfusi Darah PMI RSUD M Yunus Bengkulu dan RSUD Mukomuko. “Darah yang sudah terkumpul itu selanjutnya akan kita distribusikan ke RSUD MM dan M Yunus Bengkulu. Sehingga sumbangan darah dari masyarakat Mukomuko ini dapat dimanfaatkan bagi masyarakat luas yang membutuhkan darah,” ungkapnya.

Sedangkan manfaat bagi pendonor darah, kata Marwan, diantaranya menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat tubuh, kesehatan psikologis, bisa mendeteksi penyakit yang serius seperti HIV dan lainnya.(900)

Tags :
Kategori :

Terkait