\"Jadi nanti arahnya semua outlet ke sana (berkategori sales, service, dan spare part), tapi itu bertahap mulai dari kategori sales dulu karena perlu ada penyesuaiandi lokasi-lokasi baru,\" kata Supranoto dalam jumpa pers disela peresmian gerai baru, Astra Isuzu Ciputat.
Penyesuaian-penyesuaian juga meliputi pertimbangan mengenai pertumbuhan pasar di sekitar lokasi jaringan distribusi berada. Dalam upaya meningkatkan pangsa pasar dan layanan terhadap pelanggan, Astra Isuzu sekarang sedang merelokasi, merenovasi, sekaligus menambah gerai-gerai Astra Isuzu di seluruh Indonesia.
Outlet Astra Isuzu Ciputat yang diresmikan hari ini, misalnya, merupakan salah satu gerai hasil relokasi dari outlet lama di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan yang sudah tidak mungkin lagi mengakomodir perkembangan bisnis Isuzu.
Akses menuju gerai lama tersebut sudah tidak memungkinkan lagi untuk dilalui truk-truk kelas menengah Isuzu. Astra Isuzu, menurut Supranoto, menginvestasikan sekitar Rp40 miliar untuk membangun satu outlet baru sehingga total investasi yang dibutuhkan untuk membangun 7 hingga 10 gerai sampai akhir tahun ini tidaklah sedikit.
Salah satu tantangan dalam pengembangan pangsa pasar kendaraan komersial di Indonesia, katanya, antara lain masih sedikitnya leasing (perusahaan pembiyaan) yang \"bermain\" dalam segmen kendaraan komersial.
Oleh karena itu, Astra Isuzu terus memberikan edukasi kepada perusahaan-perusahaan leasing untuk mendorong pertumbuhan pasar kendaraan komersil di Indonesia. (an)