\"Dominasi Honda di segmen skutik tidak terlepas dari desain, fitur, dan mesin yang tangguh serta hemat bahan bakar, dan hal ini merupakan bukti kepercayaan konsumen terhadap produk skutik Honda,\" kata Deputy General Manager Sales Division AHM Thomas Wijaya, dalam siaran pers yang diterima wartawan, Minggu.
Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI), sepanjang kuartal pertama tahun 2013, total penjualan pasar motor skutik tercatat 1.228.963 unit atau tumbuh 16,6 persen jika dibandingkan dengan periode Januari-Maret 2012.
Sementara pertumbuhan penjualan skutik Honda jauh lebih tinggi karena jika dibandingkan dengan kuartal pertama tahun 2012 hanya mencatatkan penjualan 649.794 unit, dan tahun 2013 ini tercatat terjadi lonjakan penjualan sebesar 34 persen.
Penyumbang terbesar penjualan skutik Honda adalah BeAT Series dan Vario Series. AHM berhasil meningkatkan penjualan Honda Vario series hingga 49,6 persen dari hanya 232.059 unit pada kuartal pertama tahun lalu menjadi 347.122 unit pada kuartal pertama tahun 2013 ini.
Honda BeAT series juga mengalami lonjakan pertumbuhan 44,3 persen dari 314.263 unit pada kuartal pertama tahun 2012 menjadi 453.623 unit pada periode yang sama tahun 2013.
Honda Scoopy mencatatkan penjualan 41.499 unit, Honda Spacy series sebanyak 27.660 unit, dan skutik premium Honda PCX sebesar 970 unit.
Pada periode ini, AHM berhasil mencatat penjualan sebesar 1.209.059 unit atau tumbuh 14 persen jika dibanding periode yang sama tahun lalu yang hanya sebesar 1.063.695 unit.
Pertumbuhan penjualan motor Honda tersebut tercatat jauh melebihi pertumbuhan pasar nasional yang hanya tumbuh dua persen dari 1.931.677 unit pada kuartal pertama 2012 menjadi 1.960.850 unit pada periode yang sama tahun 2013 ini.
Sementara itu, di segmen sepeda motor bebek, Honda menguasai pangsa pasar sebesar 60,3 persen setelah berhasil menjual sebanyak 253.898 unit sepeda motor bebek kontribusi dari Honda Revo series 91.291 unit, Honda Blade sebesar 43.170 unit, dan Honda Supra series sebesar 119.437 unit.
Di segmen motor sport, sebanyak 84.287 unit sepeda motor sport Honda berhasil terjual di kuartal pertama tahun 2013 atau melonjak 79,1 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2012 lalu yang terjual sebanyak 47.072 unit.
Pangsa pasar sport Honda masih 27,1 persen dari sebelumnya yang hanya 19,9 persen. Honda Verza terjual sebanyak 25.067 unit, Honda CB150R StreetFire sebanyak 38.031 unit, dan kedua model tersebut berkontribusi 74,8 persen terhadap total penjualan motor sport Honda.
Honda MegaPro terjual 14.297 unit, Honda Tiger 3.035 unit, Honda CS1 sebanyak 6 unit, dan motor sport premium Honda CBR series 3.851 unit. (an)