Perkuat Sektor Perikanan, Mukomuko Siapkan 5.580 Induk Ikan

Jumat 18-10-2024,17:02 WIB
Reporter : Endi
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Perikanan, membeli 5.580 ekor induk ikan untuk dikembangkan di Balai Benih Ikan (BBI) di Kecamatan Lubuk Pinang. Langkah ini diambil guna meningkatkan produksi perikanan air tawar dan menyediakan benih ikan unggul bagi pembudidaya di wilayah tersebut.

Fitra Juliatmi, Kepala Bidang Perikanan Budidaya Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, menyatakan bahwa ribuan induk ikan ini telah dilepas di beberapa kolam BBI. "Dari total 5.580 induk ikan, terdapat 680 ekor induk ikan lele dan 4.900 ekor induk ikan nila," ujarnya, Kamis (17/10/2024).

Ia menambahkan bahwa meski sebelumnya ada kematian beberapa induk akibat pengeringan irigasi dan kemarau, kehadiran induk baru ini diharapkan mampu menstabilkan produksi benih ikan. Saat ini, BBI menggunakan air dari beberapa kolam yang ada untuk menjaga kelangsungan hidup induk ikan tersebut.

Selain itu, Pemkab Mukomuko juga menaikkan target produksi ikan air tawar dari 7.000 ton menjadi 9.000 ton pada tahun ini. Untuk mencapai target tersebut, pemerintah tidak hanya membeli induk ikan, tetapi juga memberikan bantuan sarana dan prasarana kepada kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) di daerah tersebut.

BACA JUGA:Layanan Puskesmas Mukomuko Terus Berlanjut Meski Serapan Dana BOK Baru 28%

BACA JUGA:Pembangunan Infrastruktur Pertanian di Mukomuko Capai 90 Persen

Dengan adanya dukungan dan pembelian ribuan induk ikan baru ini, Pemkab Mukomuko berharap dapat meningkatkan produktivitas perikanan air tawar di wilayah tersebut, mendukung ketahanan pangan, serta memperkuat ekonomi lokal. (*)

Kategori :