Jangan Dibuang, Kulit Kacang Bisa Dijadikan Pupuk Tanaman

Sabtu 12-10-2024,20:45 WIB
Reporter : Bakti Setiawan
Editor : Ari Apriko

Jika ingin pupuk yang lebih kaya nutrisi, kulit kacang bisa difermentasi. Campurkan kulit kacang dengan pupuk kandang atau tanah kompos, dan simpan dalam wadah tertutup selama 1-2 minggu. Pastikan kelembaban tetap terjaga dengan menyiram air secukupnya.

5. Aplikasikan ke Tanaman

Setelah kulit kacang terurai atau difermentasi, kamu bisa langsung menaburkannya di sekitar akar tanaman. Jika menggunakan dalam bentuk fermentasi, campurkan pupuk kulit kacang ini dengan tanah di sekitar tanaman untuk memudahkan penyerapan nutrisi.

6. Frekuensi Penggunaan

Pupuk dari kulit kacang bisa digunakan setiap 1-2 bulan sekali. Pastikan untuk tidak berlebihan dalam penggunaannya karena nutrisi dalam kulit kacang cukup kuat dan dapat memengaruhi keseimbangan tanah jika terlalu sering digunakan.

BACA JUGA:10 Manfaat Menggunakan Garam sebagai Pupuk Tanaman untuk Meningkatkan Produksi Pertanian

BACA JUGA:Cara Praktis Membuat Pupuk Kompos dari Ampas Tebu dan Manfaatnya

Manfaat Pupuk dari Kulit Kacang untuk Tanaman:

- Menyediakan Nutrisi Penting

Kulit kacang kaya akan nitrogen, fosfor, dan kalium (NPK) yang sangat penting untuk pertumbuhan tanaman. Nitrogen membantu pertumbuhan daun, fosfor untuk perkembangan akar, dan kalium untuk daya tahan tanaman terhadap penyakit.

- Memperbaiki Struktur Tanah

Serat yang terkandung dalam kulit kacang dapat meningkatkan struktur tanah, membuatnya lebih gembur dan baik untuk pertumbuhan akar tanaman.

- Mempertahankan Kelembaban Tanah

Kulit kacang yang terurai perlahan-lahan dapat membantu mempertahankan kelembaban tanah, sehingga tanaman tidak mudah kekeringan.

BACA JUGA:Manfaatkan Air Bubuk Kopi untuk Pupuk Tanaman

BACA JUGA:Manfaat Yogurt, Bisa Dijadikan Sebagai Pupuk Tanaman

Kategori :