Jangan Asal! Perhatikan 8 Hal ini Saat Ingin Memanaskan Motor dengan Benar

Sabtu 12-10-2024,18:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS,COM - Memanaskan motor adalah langkah penting yang sering kali diabaikan oleh pengendara, namun sangat krusial untuk menjaga performa mesin dan kesehatan kendaraan. 

Proses ini tidak hanya bertujuan untuk membuat mesin siap digunakan, tetapi juga berfungsi untuk memperpanjang umur mesin dan mengoptimalkan efisiensi bahan bakar. 

Terutama di negara dengan iklim yang beragam, seperti Indonesia, di mana suhu dapat bervariasi secara signifikan, memanaskan motor sebelum digunakan menjadi lebih penting. 

Dengan cara yang tepat, Anda bisa menghindari masalah mesin yang dapat mengganggu kinerja kendaraan Anda. Berikut ini sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan terkait cara memanaskan motor yang tepat dan benar.

BACA JUGA:Lebih Terjangkau dan Perawatannya Mudah, Inilah 6 Kelebihan Mesin Karburator pada Kendaraan

BACA JUGA:Ketahui 6 Faktor Penyebab Kebocoran Knalpot Motor

1. Perhatikan Durasi Waktu

Memanaskan motor dapat diperkirakan sesuai cuaca yang sedang terjadi di sekitar. Udara yang dingin tentunya membutuhkan waktu lama 10 menit, berbeda ketika cuaca panas yang memerlukan waktu lebih pendek 2-5 menit.

2. Biarkan Mesin Motor Menyala

Cara memanaskan motor yang benar adalah membiarkan mesin motor menyala tanpa harus melakukan apa-apa.  Anda hanya perlu menghidupkan mesin pakai starter engkol, kemudian mendiamkannya beberapa menit.

Biarkan oli yang ada di dalam mesin memproses sirkulasinya sendiri tanpa harus ditarik gas. Panas yang dihasilkan dari perputaran di dalam komponen penggerak krusial akan mencapai tahap optimal dengan sendirinya.

3. Perhatikan Kondisi Mesin

Langkah ini perlu dilakukan agar motor yang dipanaskan tidak mengalami kerusakan-kerusakan fatal lain. Sebut misalnya ada kebocoran oli di dalam mesin, bisa menyebabkan ruang kosong sehingga pelumasan tak optimal.

BACA JUGA:Simak Spesifikasi Yamaha X-Ride 125, Tampil Lebih Modern dan Sporty

BACA JUGA:Simak Spesifikasi Honda Monkey, Motor Mini dengan Konsep Retro Klasik

Kategori :