Agar Tak Pikun di Hari Tua, Amalkan Doa dari Nabi Berikut

Kamis 10-10-2024,20:15 WIB
Reporter : Ari Apriko
Editor : Ari Apriko

BENGKULUEKSPRESS.COM- Demensia, yang sering dialami oleh lansia, adalah kondisi yang semakin umum.

WHO melaporkan bahwa lebih dari 55 juta orang di seluruh dunia saat ini menderita demensia, dengan hampir 10 juta kasus baru setiap tahunnya.

Kondisi ini disebabkan oleh berbagai penyakit dan cedera yang memengaruhi otak, dan meskipun usia lanjut merupakan faktor risiko utama, tidak semua orang tua mengalaminya.

BACA JUGA:Doa-doa Terbaik untuk Anak, Agar Menjadi Sholeh dan Sholeha, Berikut Penjelasan Ustaz Abdul Somad

BACA JUGA:Agar Diberi Keteguhan Hati Dan Iman, Amalkan Doa Berikut

Risiko demensia meningkat dengan bertambahnya usia, terutama setelah 65 tahun, serta dipicu oleh hipertensi, diabetes, obesitas, merokok, konsumsi alkohol, kurangnya aktivitas fisik, isolasi sosial, dan depresi.

Gejala demensia meliputi penurunan kemampuan dalam aktivitas sehari-hari, kesulitan menyelesaikan masalah, penurunan keterampilan berkomunikasi dan penggunaan bahasa, serta tantangan dalam mengendalikan emosi.

Dalam pandangan Islam, demensia atau pikun merupakan salah satu gejala penuaan yang disebut dalam Al Qur'an. Hal ini diisyaratkan dalam surat An-Nahl ayat 70, yang artinya:

"Allah telah menciptakanmu, kemudian mewafatkanmu. Di antara kamu ada yang dikembalikan pada usia yang tua renta (pikun) sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang pernah diketahuinya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Mahakuasa,".

Para ahli telah memberikan informasi mengenai berbagai langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah demensia di usia lanjut.

Beberapa langkah yang disarankan antara lain menjaga kualitas tidur dan rutin berolahraga seperti senam untuk melatih kebugaran fisik.

BACA JUGA:Doa Mohon Perlindungan Dari Api Neraka, Amalkan Setiap Hari

BACA JUGA:Ingin Anak Cerdas, Sholeh dan Baik Akhlaknya, Saat Tidur Pegang Kepalanya dan Bacakan Doa Berikut

Namun, bagi seorang Muslim, usaha lahiriah ini sebaiknya diiringi dengan usaha batiniah, seperti memperbanyak doa.

Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk memohon perlindungan kepada Allah agar terhindar dari pikun atau demensia di usia tua.

Kategori :