Ini 5 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Bayi yang Perlu Diketahui

Jumat 04-10-2024,12:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Minyak kemiri telah lama dikenal sebagai salah satu bahan alami yang memiliki beragam manfaat, terutama untuk kesehatan dan perawatan rambut. Tidak hanya untuk orang dewasa, minyak kemiri juga bermanfaat bagi bayi.

Kemiri (Aleurites moluccanus) adalah sejenis kacang yang diekstrak untuk diambil minyaknya, yang kaya akan asam lemak, vitamin E, dan senyawa aktif lainnya yang baik untuk kesehatan kulit dan rambut. 

Pemakaian minyak kemiri untuk bayi sering menjadi pilihan para ibu karena khasiatnya yang lembut dan alami, tanpa risiko iritasi yang umumnya disebabkan oleh produk kimia. 

Berikut adalah beberapa manfaat dari minyak kemiri untuk bayi.

BACA JUGA:Waspada! Kepala Kesemutan Bisa Jadi Gejala Penyakit Ini

BACA JUGA:Begini Cara Efektif Menghilangkan Selulit

1. Membantu Menumbuhkan Rambut Bayi

Salah satu manfaat utama minyak kemiri adalah membantu menumbuhkan rambut bayi yang tipis atau lambat pertumbuhannya. 

Minyak kemiri mengandung asam linoleat dan linolenat yang dapat menstimulasi pertumbuhan rambut baru dan memperkuat akar rambut. 

Selain itu, vitamin E dalam minyak kemiri dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, sehingga rambut bayi tumbuh lebih tebal dan sehat.

Oleskan minyak kemiri secara merata pada kulit kepala bayi dan lakukan pijatan lembut sebelum mandi. Lakukan secara rutin, 2-3 kali seminggu.

BACA JUGA:Auto Bikin Glowing! Ini Dia Manfaat Air Beras untuk Wajah

BACA JUGA:Begini Cara Efektif Menghilangkan Selulit

2. Mengatasi Kerontokan Rambut pada Bayi

Bayi yang baru lahir sering mengalami kerontokan rambut, terutama pada usia 3-6 bulan. Penggunaan minyak kemiri dapat membantu memperkuat akar rambut dan mencegah rambut rontok berlebihan. 

Kategori :