8 Manfaat Tomat Ceri Untuk Kesehatan dan Cara Mengonsumsinya

Jumat 04-10-2024,10:06 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tomat ceri (Solanum lycopersicum var. cerasiforme) adalah salah satu varian dari tomat yang memiliki ukuran lebih kecil, berbentuk bulat seperti ceri, dan biasanya berwarna merah cerah, kuning, atau oranye. 

Selain menjadi hiasan yang menambah keindahan dalam masakan, tomat ceri memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Mengonsumsi tomat ceri secara teratur tidak hanya dapat menambah cita rasa dan keindahan dalam makanan, tetapi juga memberikan berbagai manfaat kesehatan karena kandungan vitamin, mineral, serta antioksidan di dalamnya.

Berikut manfaat tomat ceri untuk kesehatan yang dirangkum dari berbagai sumber, diantaranya: 

BACA JUGA:Buah Ini Dipercaya Bisa Suburkan Kandungan, Berikut Penjelasan dr Zaidul Akbar

BACA JUGA:7 Cara Berikut, Ampuh Hempas Kulit Kering dan Bersisik

1. Sumber Antioksidan yang Kuat

Tomat ceri kaya akan likopen, salah satu antioksidan yang kuat. 

Likopen merupakan pigmen alami yang memberi warna merah pada tomat dan memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. 

Senyawa ini berperan penting dalam menurunkan risiko kanker, terutama kanker prostat, paru-paru, dan lambung. ​(Tabloids in Artani).

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Konsumsi tomat ceri dapat mendukung kesehatan jantung. Kandungan potasium yang tinggi dalam tomat ceri membantu mengatur tekanan darah dan menurunkan risiko hipertensi. 

Selain itu, likopen dalam tomat ceri juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan mencegah pembentukan plak pada arteri, sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

BACA JUGA:Makanan Kenyal dan Sehat Asal Jepang, Inilah 7 Manfaat Konnyaku Untuk Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Intip 9 Manfaat Jamur Salju Untuk Kesehatan

Kategori :