Pupuk Alami Agar Tanaman Tumbuh Subur, Ini 6 Jenis Bahan Yang Digunakan

Jumat 27-09-2024,20:45 WIB
Reporter : Bakti Setiawan
Editor : Ari Apriko

BENGKULUEKSPRESS.COM- Merawat tanaman, terutama dengan menggunakan bahan alami sebagai pupuk, menjadi semakin populer sejak pandemi Covid-19. 

Banyak bahan di sekitar rumah yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk alami untuk membantu tanaman tumbuh subur dan sehat. Berikut ini adalah 6 bahan alami yang bisa dijadikan pupuk untuk menyuburkan tanaman:

1. Abu Kayu Bakar

Abu kayu bakar kaya akan alkali yang dapat menetralkan tanah asam. Sebelum mengaplikasikan abu kayu bakar ke media tanam, pastikan untuk menguji pH tanah dan gunakan hanya setelah abu benar-benar dingin. Ini akan membantu tanaman tumbuh subur di tanah yang asam.

BACA JUGA:Pupuk untuk Merangsang Bunga dan Buah pada Tanaman Cabai

BACA JUGA:Bahan Alami Campuran Pupuk Kompos

2. Soda Club

Soda club mengandung makronutrien seperti karbon, oksigen, hidrogen, fosfor, kalium, belerang, dan natrium. Penelitian menunjukkan bahwa menyiram tanaman dengan soda club selama 10 hari dapat meningkatkan pertumbuhannya. Bahan ini cocok untuk tanaman hijau.

3. Kulit Pisang

Kulit pisang kaya akan kalium dan fosfor, yang dapat membantu memperkuat tanaman dan memperkaya nutrisi dalam tanah. Cara penggunaannya adalah dengan memotong kulit pisang dan menguburnya di dalam media tanam tanaman seperti tomat, semak mawar, atau paprika hijau.

4. Air Akuarium

Air akuarium yang berasal dari air tawar dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman hias. Air akuarium mengandung limbah dan bakteri yang bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman. Namun, hindari menggunakannya untuk tanaman herbal, sayuran, atau tanaman yang bisa dikonsumsi.

BACA JUGA:Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Kulit Nanas

BACA JUGA:Cara Membuat Pupuk Organik Perangsang Bunga dan Buah

5. Ampas Kopi

Kategori :