Cara Menggunakan Fitur Share Location di WhatsApp (WA) Android

Selasa 24-09-2024,13:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Berbagi lokasi atau share location menjadi salah satu fitur yang sangat bermanfaat dalam aplikasi pesan instan seperti WhatsApp. 

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membagikan lokasi mereka secara langsung kepada teman, keluarga, atau rekan kerja, baik untuk keperluan pertemuan, keamanan, maupun sekadar memberitahu posisi terkini. 

WhatsApp menawarkan dua opsi berbagi lokasi: "Current Location" (berbagi lokasi saat ini) dan "Live Location" (berbagi lokasi secara real-time selama periode waktu tertentu).

Pengguna Android dapat dengan mudah menggunakan fitur share location untuk mempermudah komunikasi, terutama ketika berada di tempat yang sulit ditemukan atau ketika ingin memberi tahu orang lain tentang keberadaan mereka secara real-time. 

BACA JUGA:Begini Cara Menghapus Akun TikTok Sementara dan Permanen Dengan Benar

Fitur share location di WhatsApp Android terintegrasi dengan aplikasi peta di perangkat, sehingga memudahkan pengguna untuk membagikan lokasi mereka dengan akurasi yang tinggi. 

Pengguna dapat memilih untuk berbagi lokasi saat ini atau lokasi hidup (real-time) selama jangka waktu yang ditentukan, yang memungkinkan penerima untuk melacak pergerakan pengguna secara langsung. 

Lantas, bagaimana menggunakan fitur share location WhatsApp pada Android? Simak pada ulasan di bawah ini. 

Cara Share Lokasi Lewat WhatsApp

Keamanan fitur Share Location WhatsApp dilindungi dengan enkripsi ujung ke ujung yang memungkinkan pengguna bisa mengontrol dengan siapa berbagi lokasi dan untuk berapa lama. Pengguna juga dimungkinkan untuk berhenti berbagi kapan saja atau dengan pengaturan timer, Lifehacker melansir.

  1. Cara berbagi lokasi langsung WhatsApp:
  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Buka ruang obrolan kontak yang ingin Anda bagikan lokasinya
  • Pilih ikon lampiran (peniti atau penjepit kertas)
  • Pilih Kirim lokasi Anda saat ini
  • Pilih Langsung bagikan lokasi
  • Selesai

BACA JUGA:Simak 5 Cara Membuat Tulisan Berwarna di WhatsApp Tanpa Aplikasi

BACA JUGA:Benarkah Tidur Setelah Subuh Bikin Rezeki Sempit? Ini Kata Buya Yahya

  1. Cara mengirim lokasi Anda saat ini WhatsApp:
  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Buka ruang obrolan kontak yang lokasinya ingin Anda bagikan lokasinya
  • Pilih ikon lampiran (peniti atau bentuk penjepit kertas)
  • Pilih Bagikan Live Location
  • Tentukan waktu yang diinginkan (15 menit, 1 jam, atau 8 jam) dan tambahkan informasi jika perlu
  • Selesai

Perlu diperhatikan bahwa fungsi GPS smartphone harus aktif sebelum berbagi lokasi di WhatsApp. GPS adalah sistem navigasi satelit yang digunakan untuk mengetahui posisi suatu benda di permukaan bumi. 

Penerima GPS memerlukan jalur spasial yang relatif jelas, sehingga teknologi GPS tidak ideal untuk penggunaan di dalam ruangan kecuali menggunakan alat lain seperti menara seluler atau sinyal Wi-Fi di dekatnya. Karena hal ini akan mempengaruhi keakuratan atau ketepatan lokasi pengguna.

Kategori :