Doa dan Dzikir-dzikir Setelah Sholat Subuh, Agar Rezeki Dimudahkan

Kamis 19-09-2024,21:15 WIB
Reporter : Ari Apriko
Editor : Ari Apriko

BENGKULUEKSPRESS.COM- Terdapat amalan berupa doa dan dzikir setelah sholat Subuh yang diyakini dapat memperlancar rezeki.

Sholat Subuh adalah salah satu dari lima sholat wajib yang dilakukan saat fajar terbit atau sebelum matahari muncul.

Karena dilaksanakan di pagi hari, sholat ini memiliki banyak keistimewaan. Salah satu keutamaannya adalah bahwa ini merupakan waktu terbaik untuk memperbanyak doa dan melakukan amalan kebaikan.

Anjuran untuk berzikir dan berdoa pada waktu Subuh juga disebutkan dalam Al-Qur'an, tepatnya dalam Surat Ar-Rum ayat 17 yang artinya:

BACA JUGA:Amalan Penarik Rezeki dan Dikabulkan Hajat, Sertakan Doa Ini dalam Sholawat Jibril

BACA JUGA:Bila Merasa Dicurangi Saat Pilkada, Amalkan Doa Berikut, Agar Mendapat Keputusan yang Adil

"Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di petang hari dan waktu kamu berada di waktu subuh,".

Terdapat banyak amalan yang dapat dilakukan setelah sholat Subuh, salah satunya adalah berdzikir.

Dirangkum dari berbagai sumberi, berikut beberapa dzikir yang bisa kita rutinkan setelah sholat subuh agar rezeki dimudahkan

1. Dzikir Pertama

Dzikir pertama yang bisa diamalkan setelah sholat Subuh adalah Sayyidul Istighfar. Membaca Sayyidul Istighfar pada waktu pagi dan petang memiliki keutamaan yang sangat besar. Rasulullah SAW mengajarkan bacaan Sayyidul Istighfar sebagai berikut:

 اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ. وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ. فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

(Allaahumma anta rabbii, laa ilaaha illaa anta khalaqtanî. Wa ana ‘abduka, wa ana ‘alaa ‘ahdika wa wa‘dika mastatha‘tu. A‘ûdzu bika min syarri maa shana‘tu. Abu’u laka bini‘matika ‘alayya. Wa abu’u bidzanbî. Faghfirlî. Fa innahuu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta).

Artinya:

"Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau,".

Kategori :