Ketahui, 5 JenisBuah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Demam

Sabtu 12-10-2024,14:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat tubuh mengalami demam, penting untuk memperhatikan asupan makanan, termasuk buah-buahan yang dikonsumsi. 

Ada beberapa buah yang sebaiknya dihindari saat demam karena dapat memperparah kondisi atau memperlambat proses pemulihan.

Buah-buahan yang bersifat asam atau mengandung kadar gula tinggi, misalnya, bisa memperberat kerja sistem pencernaan dan meningkatkan kadar gula darah, yang tidak ideal saat tubuh sedang berusaha melawan infeksi. 

Oleh karena itu, memilih buah yang tepat saat demam sangat penting untuk mendukung pemulihan yang lebih cepat dan efektif. Berikut ini merupakan beberapa jenis buah yang tidak boleh dimakan saat demam, antara lain:

BACA JUGA:Tanaman Liar Ini Ampuh Mengatasi Masalah Ginjal, dr Zaidul Akbar Bagikan Caranya

BACA JUGA:Ketahui 8 Fungsi Primer Make Up yang Membuat Kulit Lebih Halus dan Tampak Natural

1. Buah Asam (Seperti Jeruk, Lemon, dan Grapefruit)

Meskipun buah-buahan asam seperti jeruk kaya akan vitamin C, mereka memiliki sifat asam yang dapat memperparah kondisi lambung yang sudah lemah saat demam, terutama jika ada gejala sakit perut atau mual.

Buah-buahan ini bisa meningkatkan keasaman dalam tubuh dan memperburuk rasa mual atau iritasi tenggorokan.

2. Durian

Durian mengandung lemak dan gula yang tinggi, yang bisa menambah beban pada sistem pencernaan yang lemah ketika tubuh sedang melawan infeksi.

Mengonsumsi durian saat demam dapat memperlambat proses pemulihan karena tubuh memerlukan lebih banyak energi untuk mencerna makanan yang berat.

BACA JUGA:Ini Dia 6 Rebusan Daun yang Dapat Redakan Batuk Secara Alami

BACA JUGA:Kenali 5 Manfaat Vitamin K Untuk Kesehatan Tubuh

3. Buah dengan Kadar Gula Tinggi (Seperti Anggur, Mangga, dan Pisang)

Kategori :