Perumda Tirta Hidayah Umumkan 2412 KK Terpilih untuk Pemasangan Air Minum Gratis

Rabu 18-09-2024,14:20 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM – Perumda Tirta Hidayah Kota Bengkulu telah menerima hasil verifikasi dari program pemasangan gratis air minum yang dicanangkan oleh pemerintah pusat.

Dari total 3.000 Kepala Keluarga (KK) yang diusulkan, sebanyak 2.412 KK telah terverifikasi untuk mendapatkan pemasangan jaringan air gratis, sementara 588 KK dinyatakan tidak memenuhi kriteria.

Program ini merupakan bagian dari upaya percepatan penyediaan air minum yang diluncurkan di seluruh Indonesia.

Survei dilakukan oleh tim dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) yang mewakili Kementerian PUPR di Bengkulu untuk memastikan kelayakan penerima manfaat.

BACA JUGA:Kreativitas Guru dan Siswa Bersinar di Pameran SMAN 1 Kota Bengkulu

BACA JUGA:Hamka Sabri Pimpin IKA MIAP UNIB, 300 Alumni Siap Bersinergi Membangun Bengkulu

Direktur Perumda Tirta Hidayah Kota Bengkulu, Samsu Bahari, melalui Kabag Perencanaan dan Teknik, Yasin Purwinarto, menjelaskan bahwa ada dua sumber dana untuk pemasangan sambungan air: Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Program IMPRES.

Program IMPRES adalah inisiatif nasional yang diluncurkan oleh Presiden, dan Perumda Tirta Hidayah Kota Bengkulu telah menyiapkan data yang diperlukan untuk realisasi program ini.

"Program IMPRES ini adalah program se-Indonesia. Kami telah menyiapkan data sesuai dengan instruksi Presiden dan menunggu realisasi dari BPPW," ujar Yasin Purwinarto pada Rabu, 18 September 2024.

Yasin juga menjelaskan bahwa beberapa dari usulan yang tidak memenuhi kriteria mungkin disebabkan oleh rumah kosong atau ketidaktersediaan pemilik rumah saat survei dilakukan. Masyarakat yang masuk dalam daftar antri pelanggan PDAM juga diharapkan mengisi formulir permohonan dengan benar untuk memastikan kelancaran proses pemasangan.

BACA JUGA:Ribuan Pelamar CPNS Pemkot Bengkulu Gagal Lolos Seleksi Administrasi

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Usulkan Dana untuk Pembangunan Median Jalan Depan Bandara hingga Simpang Betungan

Dengan adanya program pemasangan jaringan air gratis ini, diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air dan meringankan beban biaya pemasangan meteran air.(imn)

Kategori :