Hati-hati, Ini Dia 8 Efek Samping Makan Pisang Berlebihan

Senin 14-10-2024,10:01 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

4. Alergi

Beberapa orang mungkin mengalami alergi terhadap pisang. Gejala alergi bisa meliputi gatal-gatal, pembengkakan di mulut atau tenggorokan, serta kesulitan bernapas. Jika memiliki alergi terhadap lateks, seseorang mungkin juga alergi terhadap pisang karena reaksi silang.

5. Sakit Kepala dan Migrain

Pisang, terutama yang sudah sangat matang, mengandung tyramine, zat kimia yang dapat memicu sakit kepala atau migrain pada beberapa orang yang sensitif terhadap zat ini.

6. Penambahan Berat Badan

Meskipun pisang merupakan makanan sehat, pisang mengandung kalori. Konsumsi berlebihan tanpa memperhatikan keseimbangan kalori harian dapat menyebabkan penambahan berat badan.

BACA JUGA:Agar Nasi Putih Lebih Sehat untuk Tubuh, dr Zaidul Akbar Bagikan Cara Mengolahnya

BACA JUGA:7 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

7. Interaksi dengan Obat

Pisang yang kaya kalium bisa berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, seperti obat tekanan darah tinggi (penghambat ACE atau diuretik), sehingga bisa menyebabkan kadar kalium yang terlalu tinggi dalam darah.

8. Risiko diabetes tipe-2

Pisang termasuk dalam kategori makanan dengan skor glikemik tingkat sedang. Artinya, pisang punya potensi untuk memicu lonjakan gula darah.

Selain itu, pisang juga kaya akan karbohidrat yang menjadi salah satu biang kerok diabetes.

Jika dikonsumsi dengan bijak, pisang adalah makanan yang bergizi dan sehat. Namun, bagi orang dengan kondisi kesehatan tertentu atau jika dikonsumsi berlebihan, bisa menimbulkan beberapa efek samping seperti yang disebutkan di atas.

Kategori :