Inilah 7 Makanan Penyebab Jerawat yang Harus Dihindari

Selasa 17-09-2024,13:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi terutama pada remaja, namun bisa juga menyerang orang dewasa. Pola makan merupakan faktor yang sering disebutkan sehubungan dengan jerawat.

Meski banyak faktor yang mempengaruhi munculnya jerawat, seperti perubahan hormonal, stres, dan genetika, pola makan juga berperan penting. Berikut beberapa makanan yang umumnya dapat menyebabkan jerawat:

1. Makanan tinggi gula dan karbohidrat olahan

Makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat meningkatkan kadar gula darah sehingga meningkatkan produksi insulin.

Terlalu banyak insulin dapat meningkatkan produksi sebum (minyak) pada kulit sehingga dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

BACA JUGA:Agar Nasi Putih Lebih Sehat untuk Tubuh, dr Zaidul Akbar Bagikan Cara Mengolahnya

BACA JUGA:Hama Menghambat Pertumbuhan Tanaman, Ini 5 Bahan Dapur yang Ampuh Mengatasinya

2. Produk susu

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa produk susu, terutama susu skim, dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat. Hal ini mungkin disebabkan oleh hormon dan bahan bioaktif dalam susu yang mempengaruhi produksi sebum dan menyebabkan peradangan.

3. Makanan yang digoreng dan berlemak:

Makanan yang digoreng dan makanan tinggi lemak, terutama lemak trans, dapat meningkatkan peradangan pada tubuh. Peradangan ini dapat memperburuk masalah jerawat dengan meningkatkan produksi minyak dan memperparah pori-pori yang tersumbat.

BACA JUGA:Sayang Jika Dilewatkan, Ini Dia 8 Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan

BACA JUGA:Terlanjur Melihat Anak Nonton Konten Dewasa? Ini Cara Tepat untuk Menghadapinya

4. Cokelat dan makanan kaya kafein

Meskipun bukti adanya hubungan antara coklat dan jerawat tidak konsisten, beberapa orang menyatakan bahwa mengonsumsi coklat dapat memperburuk jerawat. Cokelat mengandung gula dan lemak yang dapat mempengaruhi produksi sebum. Begitu pula kafein dapat mempengaruhi kadar hormon dalam tubuh.

Kategori :