Ini Dia 5 Tanaman Pengusir Nyamuk dan Tikus di Dalam Rumah

Rabu 18-09-2024,16:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Anda juga bisa menggiling daun kayu putih. Daun yang dicincang akan mengeluarkan minyak yang menimbulkan aroma harum yang kuat. Namun perlu diingat bahwa tanaman ini akan tumbuh sempurna di bawah sinar matahari penuh

3. Lavender

Bunga lavender memiliki aroma yang menenangkan bagi manusia, tetapi nyamuk tidak menyukainya. Minyak esensial dari lavender sering digunakan sebagai pengusir nyamuk secara alami.

Selain efektif untuk mengusir nyamuk, lavender juga tidak disukai oleh tikus. Anda bisa menaruh bunga lavender kering atau minyak esensial di tempat-tempat yang sering dilewati tikus.

BACA JUGA:Catat! Ini 6 Cara Mengubah Diri Menjadi Lebih Baik

BACA JUGA:Kegunaan Tahitian Noni yang Dipercaya Ampuh Mengobati Berbagai Penyakit

Anda dapat menaruh bunga lavender di tempat yang terkena sinar matahari. Pasalnya, bunga satu ini membutuhkan cahaya matahari untuk bertumbuh.

4. Daun Mint

Anda juga bisa menanam daun mint untuk mengusir nyamuk dan tikus. Daun mint kaya akan mentol yang memberi aroma kuat pada tanaman. Nyamuk dan tikus tidak menyukai bau ini.

Selain itu, aroma mentol yang kuat dari daun mint sangat tidak disukai tikus. Anda bisa menanam mint di sekitar rumah atau menyebarkan daun mint segar di tempat-tempat yang sering dikunjungi tikus.

Menanam daun mint dalam pot. Letakkan di tempat yang terkena sinar matahari. Ingatlah untuk mencabut daun secara teratur untuk menjaga tanaman dalam kondisi terbaiknya.

BACA JUGA:Pace! Buah Bau yang Ampuh Menurunkan Kolesterol

BACA JUGA:Si Kecil Sudah Mulai Cinta-cintaan? Begini Langkah Tepat untuk Mengatasinya

5. Bawang putih 

Bawang putih adalah salah satu bahan alami yang dikenal karena kemampuannya mengusir nyamuk. Aroma menyengat dari bawang putih mengandung sulfur, yang tidak disukai oleh nyamuk. 

Aroma bawang putih yang menyengat membuat tikus menjauhi area di mana bawang putih diletakkan. Menggunakan irisan bawang putih atau menanamnya di kebun bisa membantu mengusir tikus.

Kategori :