Bawaslu Kota Bengkulu Mulai Buka Pendaftaran Pengawas TPS Pilkada 2024, Segini Besaran Gajinya

Kamis 12-09-2024,15:30 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bengkulu mulai membuka pendaftaran untuk calon Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

Hal tersebut merupakan bagian dari persiapan dalam menyelenggarakan pemilihan kepala daerah yang adil dan transparan.

Dikatakan Ketua Bawaslu Kota Bengkulu, Rahmat Hidayat, para warga kota yang memiliki niat dan integritas tinggi untuk menjadi pengawas TPS ini dapat segera mendaftar melalui Panwascam ditempat tinggalnya masing-masing. 

"Hari ini pendaftaran untuk Pengawas TPS sudah kita buka secara resmi, silahkan bagi masyarakat Kota Bengkulu yang berminat untuk mendaftar bisa melengkapi persyaratan," kata Ketua Bawaslu Kota Bengkulu, Rahmat Hidayat, Kamis, 12 September 2024. 

BACA JUGA:Maju Pilwalkot, Sukatno Dapatkan Doa Restu dan Dukungan dari PWI dan Para Jurnalis Bengkulu

BACA JUGA:Pasangan DISUKA Lengkap Administrasi, 4 Paslon Lainnya Diminta Perbaikan

Dirinya menjelaskan, pengawas TPS memiliki peran krusial di dalam memastikan jalannya pemilihan kepala daerah (Pilkada) berlangsung dengan lancar dan juga bebas dari kecurangan. 

Bawaslu mengajak seluruh warga yang peduli terhadap demokrasi untuk aktif berpartisipasi dalam menjaga integritas pemilihan.

"Proses seleksi akan dilakukan secara transparan dan objektif. Para calon Pengawas TPS yang terpilih akan menjadi bagian penting dalam menjamin keberlangsungan demokrasi di tingkat paling dasar," tuturnya. 

Berdasarkan jadwal perekrutan pengawas TPS ini, untuk tahapan pendaftaran yang di mulai 12-28 September, selanjutnya pada tanggal 11 Oktober akan dilakukan pengumuman lulus administrasi, kemudian di tanggal 12-22 Oktober akan dilakukan tes wawancara dan pada tanggal 23-25 Oktober 2024 akan diumumkan calon pengawas TPS terpilih.

"Tentunya manfaatkanlah waktu dan kesempatan yang ada ini jika ingin menjadi salah satu pengawas TPS dalam pesta demokrasi Pilkada bulan November nanti," ungkapnya.

BACA JUGA:Sowan ke Ketua KKT, Dani Hamdani - Sukatno Dapat Restu

BACA JUGA:Soal Izin Cuti Gubernur Bengkulu, Rohidin: Otomatis Berlaku Sejak Ditetapkan KPU

Dia menerangkan, untuk kebutuhan Pengawas TPS yakni sesuai jumlah TPS di Kota Bengkulu yakni 516 TPS. Itu artinya Bawaslu akan merekrut 516 pengawas TPS untuk pemilu di Kota Bengkulu.

"Masing-masing TPS ini nantinya akan ada satu pengawas yang tersebar di sembilan kecamatan di Kota Bengkulu ini," pungkasnya.

Kategori :