Keutamaan Bulan Rabiul Awal, Berikut Amalan-Amalan yang Dianjurkan

Kamis 12-09-2024,08:00 WIB
Reporter : Ari Apriko
Editor : Ari Apriko

BENGKULUEKSPRESS.COM- Memasuki bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW, terdapat berbagai keutamaan bulan Rabiul Awal serta amalan-amalan yang dianjurkan untuk mempererat hubungan dengan Allah SWT.

Sebagaimana diketahui oleh umat Islam, Nabi Muhammad lahir pada 12 Rabiul Awal tahun Gajah, yang menandai awal mula penyebaran Islam sebagai ajaran yang murni, berlandaskan firman Allah (al-Quran) dan sunnah Nabi (Al-Hadis).

Peringatan Maulid Nabi dirayakan dengan melakukan berbagai amalan baik, seperti berzikir dan memperbanyak pembacaan sholawat.

BACA JUGA:Rezeki Mengalir Deras Seperti Air Zam-zam, Habib Rifky: Baca Sholawat Ini 10 Kali Setelah Subuh dan Ashar

BACA JUGA:Bisa Kabulkan Hajat, Rezeki Lancar dan Masalah Selesai Amalkan Sholawat Jibril 1000 Kali di Waktu Ini

Secara harfiah, Rabiul Awal berasal dari kata "Rabi" yang berarti musim semi pertama, dan Awal yang merujuk pada awal musim tersebut.

Namun, secara filosofi spiritual, Rabiul Awal dianggap sebagai simbol kebangkitan yang mengubah masa depan umat manusia.

Bulan ini memiliki kaitan erat dengan sejarah Islam, karena merupakan bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW, Rasul terakhir.

Selain itu, peristiwa penting lainnya seperti hijrah Nabi dari Mekkah ke Madinah dan wafatnya Rasulullah juga terjadi di bulan ini.

Oleh karena itu, Rabiul Awal dipandang sebagai bulan penuh berkah bagi umat Islam, dengan banyak keutamaan yang bisa diraih melalui amalan-amalan baik.

BACA JUGA:Baca Sholawat 40 Kali di Hari Jumat, Gus Iqdam Jelaskan Keutamaannya, Diantaranya Dosa-dosa Berguguran

BACA JUGA:Ingin Semua Hajat Cepat Dikabulkan, Gus Iqdam Sarankan Membaca Sholawat Ini Sebanyak 360 Kali

Seperti yang telah disebutkan, salah satu keutamaan utama bulan Rabiul Awal adalah kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Oleh karena itu, memperbanyak ibadah dan sholawat pada bulan ini sangat dianjurkan sebagai bentuk penghormatan dan kecintaan kepada Rasulullah SAW.

Berikut amalan-amalan yang bisa dilakukan di Bulan Rabiul Awal.

Kategori :