Cara Mudah Membuat Pupuk Organik Padat, Simak Penjelasan Berikut Ini

Minggu 08-09-2024,20:45 WIB
Reporter : Bakti Setiawan
Editor : Ari Apriko

BENGKULUEKSPRESS.COM- Membuat pupuk organik padat sendiri di rumah ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, dan juga memberikan banyak manfaat.

Dengan membuat pupuk organik sendiri, kamu tidak hanya mengurangi sampah organik, tetapi juga menghasilkan pupuk yang ramah lingkungan dan lebih ekonomis.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat pupuk organik padat di rumah:

BACA JUGA:Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Sampah Rumah Tangga

BACA JUGA:Cara Pembuatan Pupuk Kandang dari Kohe Kambing, Simak Penjelasan Berikut Ini

1. Siapkan Alat dan Bahan

Pupuk organik padat bisa dibuat dari bahan-bahan alami seperti dedaunan kering, rumput, sekam padi, serbuk gergaji, dan ampas sisa makanan seperti sayuran dan buah. Selain itu, siapkan juga bahan pendukung seperti lumpur atau kotoran hewan ternak (seperti kambing atau kelinci) dan bonggol singkong. Jangan lupa alat seperti ember, saringan, alat pengaduk, dan wadah penyimpanan yang tertutup.

2. Hancurkan Bahan Organik

Setelah mengumpulkan bahan, langkah selanjutnya adalah menghancurkan bahan organik seperti dedaunan, rumput, dan sisa makanan. Bahan-bahan ini tidak perlu dihancurkan secara seragam, asalkan ukurannya cukup kecil agar proses penguraian bisa berjalan optimal. Setelah itu, saring bahan agar terpisah antara bagian kasar dan halus.

BACA JUGA:Cara Mudah Membuat Pupuk Kompos, Simpak Langkah-langkah Berikut Ini

BACA JUGA:Manfaat Pupuk Hayati untuk Tanah dan Tanaman

3. Pencampuran Bahan

Ada dua jenis bahan yang diperlukan untuk pembuatan pupuk organik padat, yaitu bahan hijau (sumber nitrogen) dan bahan coklat (sumber karbon). Pastikan proporsi antara kedua bahan ini seimbang untuk menghasilkan pupuk dengan kandungan nitrogen dan karbon yang cukup. Campurkan seluruh bahan hijau dan bahan coklat secara merata.

4. Tambahkan Aktivator Kompos

Aktivator kompos berfungsi mempercepat proses dekomposisi bahan organik. Aktivator ini bisa berupa kompos yang sudah jadi atau kotoran hewan ternak. Aktivator juga berfungsi untuk meningkatkan kandungan nutrisi dalam pupuk dan mengurangi bau busuk yang mungkin timbul selama proses pembuatan.

Kategori :