Bingung Mengatasi Kenakalan Anak, Baca Doa Ini Lalu Tiupkan ke Telinganya

Sabtu 07-09-2024,21:15 WIB
Reporter : Ari Apriko
Editor : Ari Apriko

BENGKULUEKSPRESS.COM- Pernahkah Anda menghadapi situasi di mana anak Anda tampak cerdas dalam bergaul dan sering menunjukkan perilaku baik, namun memiliki sisi nakal yang luar biasa, hingga membuat Anda bingung?

Sebagai orang tua, Anda mungkin merasa kesal dengan kelakuan anak yang tampaknya sengaja melanggar aturan atau sulit untuk diatur.

Namun, penting untuk dipahami bahwa sebenarnya anak-anak sering menggunakan tindakan atau perilaku sebagai cara untuk mengekspresikan perasaan atau pikiran mereka.

BACA JUGA:Doa Saat Sakit Perut Sesuai Sunnah Rasulullah SAW, Insya Allah Langsung Sembuh

BACA JUGA:Doa Agar Terbebas dari Lilitan Hutang, Amalkan Secara Istiqomah

Di balik perilaku nakal yang ditunjukkan, ada pesan tersembunyi yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah permintaan perhatian.

Ketika anak merasa tidak mendapatkan perhatian yang cukup dari orang tua, mereka mungkin memilih untuk mengamuk atau bahkan memukul sebagai cara untuk menarik perhatian tersebut.

Yang kedua, perilaku nakal anak sering kali muncul karena mereka mencontoh orang lain.

Anak-anak belajar bersikap dengan mengamati lingkungan di sekitar mereka, baik itu dengan meniru perilaku nakal teman-temannya di sekolah atau melalui tontonan di televisi.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi orang tua untuk membatasi dan memantau apa yang anak-anak lihat.

Awasi program televisi, video game yang mereka mainkan, atau konten yang mereka akses melalui internet.

BACA JUGA:Amalkan Doa Berikut Setelah Wudhu, Allah Janjikan 8 Pintu Surga Bagi Pengamalnya

BACA JUGA:Doa Menjadi Kekasih Allah SWT, Bocoran dari Malaikat Jibril

Yang ketiga, anak-anak sering kali belum mampu mengendalikan emosi mereka. Mereka mungkin tidak tahu bagaimana cara yang tepat untuk mengekspresikan perasaan yang mereka rasakan.

Akibatnya, mereka menjadi lebih mudah marah dan bersikap agresif. Bahkan, anak-anak bisa bertindak berlebihan saat mereka merasa terlalu senang, tertekan, atau bosan.

Kategori :