8 Penyebab Kenapa Rem ABS Kurang Maksimal

Senin 09-09-2024,12:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

3. Kualitas Minyak Rem yang Buruk

Minyak rem yang kotor atau tercemar air bisa menyebabkan korosi pada komponen ABS dan mengurangi efektivitas pengereman.

Minyak rem yang tidak diganti dalam waktu lama bisa kehilangan viskositas dan kemampuan untuk mentransfer tekanan dengan baik, sehingga mengurangi kinerja ABS.

4. Sensor Yang Tidak Berfungsi

Sensor roda pada sistem ABS mendeteksi putaran roda dan memberikan informasi kepada sistem untuk mengatur tekanan pengereman. 

BACA JUGA:Begini Cara Cek Aki Motor Kering Masih Bagus Atau Tidak

BACA JUGA:Blusukan Dukcapil Kota Bengkulu ke Sekolah-sekolah Percepat Anak Dapatkan E-KTP

Jika salah satu sensor tidak berfungsi atau terganggu, sistem ABS mungkin tidak dapat merespons dengan benar. Ini bisa disebabkan oleh kotoran, korosi, atau kerusakan sensor.

5. Kondisi Jalan Yang Ekstrim

Saat berkendara di kondisi jalan yang sangat buruk, seperti permukaan jalan yang sangat berlumpur atau sangat becek, kemampuan rem ABS dapat terbatas.

Kondisi ini dapat membuat sensor-sensor tidak bekerja sebagaimana mestinya.

6. Kondisi Ban yang Tidak Optimal

Selain kondisi jalan yang maksimal, ban yang sudah aus atau botak memiliki daya cengkeram yang rendah terhadap permukaan jalan. Hal ini mengurangi efektivitas pengereman secara keseluruhan, termasuk sistem ABS.

BACA JUGA:Ini Dia 7 Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi, dan Cara Mengatasinya

BACA JUGA:Simak Spesifikasi Honda Rebel 1100 dan Harga Terbaru

Tekanan angin yang tidak sesuai pada ban juga bisa menyebabkan distribusi pengereman yang tidak merata, sehingga kinerja ABS bisa terganggu.

Kategori :