Waspada Penyakit di Perubahan Cuaca, Ini Imbauan Dinkes Kota Bengkulu

Selasa 03-09-2024,14:48 WIB
Reporter : Firman Triadinata
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu mengimbau agar seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko penyebaran berbagai penyakit yang umumnya meningkat saat pergantian musim. 

Kepala Dinkes Kota Bengkulu Joni Haryadi Thabrani menjelaskan, perubahan musim seringkali menjadi pemicu meluasnya kasus flu di kalangan masyarakat.

"Ketika terjadi pergantian musim, kita sering menyaksikan peningkatan kasus penyakit flu. Faktor perubahan cuaca dan kelembaban udara dapat memberikan kondisi yang mendukung penyebaran virus flu," ujar Joni, Selasa 3 Agustus 2024.

"Kita harus menjaga fisik dan imun kita tidak turun. Kemudian kita harus banyak konsumsi buah-buahan segar, sayur-sayuran, banyak minum air putih sehingga metabolisme di dalam tubuh menjadi seimbang. Pasalnya cuaca panas dan hujan ini membuat tubuh kita agak lambat menyesuaikan diri dan menimbulkan penyakit flu serta lainnya," imbuhnya.

BACA JUGA:Hendak ke Kampus, 2 Orang Mahasiswi Tertimpa Pohon di Jalan Citandui

BACA JUGA:Sering Terjadi Keributan di Warung Remang-remang, Kapolresta Bengkulu: Akan Kita Tindak Tegas

Untuk mencegah hal tersebut, masyarakat dapat menjaga daya tahan tubuh dan menghindari kerumunan. 

"Masyarakat diharapkan untuk meningkatkan kewaspadaan, menjaga kebersihan diri, sering mencuci tangan, dan menggunakan masker, terutama dalam situasi di mana interaksi sosial tinggi," katanya.

Kelompok seperti anak-anak, lansia dan individu dengan kondisi kesehatan tertentu yang lebih rentan atau mudah terserang penyakit flu. 

Oleh karena itu, terang Joni, Dinas Kesehatan Kota Bengkulu akan terus melakukan sosialisasi dan edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan penyakit flu khususnya diperiode pergantian musim. (*)

Kategori :