Ketahui 6 Ciri-Ciri Kapan Ban Mobil Harus Diganti dan Cara Memeriksanya

Senin 02-09-2024,10:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Ban mobil merupakan salah satu komponen vital dalam sistem keselamatan kendaraan. Kondisi ban yang baik sangat berpengaruh terhadap performa mobil dan keselamatan berkendara. 

Ban yang sudah aus atau rusak dapat mengakibatkan berbagai masalah seperti pengendalian yang buruk, jarak pengereman yang lebih panjang, dan bahkan risiko kecelakaan.

Oleh karena itu, penting bagi setiap pemilik kendaraan untuk mengetahui ciri-ciri ban yang harus diganti agar dapat melakukan perawatan yang tepat waktu.

Dalam artikel ini, kita akan mengidentifikasi berbagai tanda dan ciri-ciri yang menunjukkan bahwa ban mobil perlu segera diganti. 

BACA JUGA:Ini Dia Dampak Jika Anda Menggunakan Bahan Bakar yang Tidak Memenuhi Spesifikasi Kendaraan

BACA JUGA:Ini Dia 7 Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi, dan Cara Mengatasinya

Dengan mengetahui indikator-indikator tersebut, kita dapat memastikan bahwa kendaraan selalu dalam kondisi prima dan mengurangi risiko terjadinya masalah yang tidak diinginkan selama berkendara.

Berikut ciri-ciri ban mobil yang sudah harus di ganti. Yuk, simak bersama informasinya. 

1. Ban sering kehilangan tekanan udara

Jika ban sering kali kehilangan tekanan udara, ini bisa menjadi tanda bahwa ada kebocoran yang tidak terlihat atau kondisi ban sudah mulai aus. 

Ban yang kehilangan tekanan udara dengan cepat akan meningkatkan risiko kecelakaan, karena cengkeraman ban yang menurun drastis. Pastikan rutin memeriksa ban, dan segera ganti jika masalah ini terus terjadi. 

BACA JUGA:Ini Dia 7 Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi, dan Cara Mengatasinya

BACA JUGA:Kinerja Tak Berfungsi Optimal, Ini Dia 5 Masalah pada Mobil Penyebab Lampu Redup

2. Ban terasa bergetar

Jika merasakan getaran yang tidak biasa saat berkendara, ini bisa menjadi tanda bahwa ban sudah tidak seimbang, atau ada bagian yang aus secara tidak merata. 

Kategori :