Mengenal Sereal Muesli dan Manfaatnya bagi Tubuh

Jumat 30-08-2024,18:55 WIB
Reporter : Jamal Maarif
Editor : Jamal Maarif

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sereal muesli merupakan salah satu pilihan menu sarapan yang populer dan juga sangat bergizi. Makanan ini sendiri terdiri dari dari gandum gulung, buah-buahan kering, serpihan gandum, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Dengan kandungan berbagai bahan tersebut, muesli merupakan pilihan makanan bergizi yang kaya protein dan antioksidan. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan susu almond, cokelat, madu, atau buah-buahan segar ke dalam sepiring muesli untuk menambah rasa. Memulai hari dengan menu sarapan sehat, seperti sereal muesli, sangat penting untuk memastikan energi dan kesehatan optimal sepanjang hari.

BACA JUGA:Bisa Dicoba! Tips Gunakan Minyak Goreng yang Sehat

Memasukkan muesli sebagai menu sarapan harian adalah pilihan yang sangat tepat. Selain rasa lezatnya bisa menaikkan semangat pagi Anda, makanan ini juga kaya akan beragam nutrisi dan baik untuk kesehatan. Muesli merupakan oat utuh yang dicampur dengan biji-bijian, kacang-kacangan dan buah-buahan kering. Muesli sebenarnya tidak jauh berbeda dengan granola. Keduanya sama-sama berbahan pokok oat dan memiliki campuran. Bedanya, oat pada granola biasanya diberi tambahan pemanis dan dipanggang, sementara pada muesli tidak.

BACA JUGA:Manfaat Kacang Tanah sebagai Teman Diet yang Sehat

Manfaat Sereal Muesli untuk Kesehatan
Sereal muesli memiliki beragam keistimewaan bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, di antaranya:

1. Mengurangi risiko kolesterol tinggi dan penyakit jantung
Muesli mengandung jumlah beta-glukan yang baik yang dikenal dapat mengurangi kolesterol LDL hingga 10 persen. Menambahkan jus lemon (vitamin C) ke sajian muesli bisa membantu menyehatkan jantung.

2. Sumber zat besi
Zat besi merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Muesli kaya akan kandungan zat besi yang dapat menjaga tekanan darah, mencegah kelelahan, dan membantu produksi hemoglobin dalam darah.

BACA JUGA:Jus Lidah Buaya: Ini Manfaat dan Efek Sampingnya Saat Meminumnya

3. Baik untuk pencernaan
Bahan utama muesli adalah oat, yang sangat tinggi serat. Karena kandungan seratnya, muesli menjadi makanan yang mengenyangkan sekaligus sehat untuk pencernaan. Serat dalam oat membantu menjaga rasa kenyang lebih lama dan mendukung sistem pencernaan yang sehat.

4. Membantu menurunkan berat badan
Muesli terbuat dari gandum, yang merupakan sumber serat sehingga bisa memberikan sensasi kenyang lebih lama. Itulah yang membuat muesli dapat membantu menurunkan berat badan. Meski begitu, pastikan kamu tidak menambahkan gula ke dalam sajian muesli.

BACA JUGA:Inilah Batas Aman Penderita Kolesterol Makan Telur

5. Sumber energi sehat
Sarapan haruslah menyertakan karbohidrat untuk mendapatkan energi. Muesli sarat dengan karbohidrat dan dapat menjaga tingkat energi tetap tinggi sepanjang hari. Dengan menambahkan lebih banyak buah-buahan kering, kacang-kacangan, dan biji-bijian ke sepiring muesli, itu bisa membantu untuk meningkatkan energi.

6. Kandungan protein yang tinggi
Salah satu manfaat penting dari makan muesli adalah sumber protein yang sangat baik. Semangkuk muesli dapat meningkatkan kesehatan tulang, menyehatkan rambut, mengontrol tekanan darah, dan banyak lagi. Diet protein sangat penting bagi mereka yang ingin tetap bugar dan sehat.

7. Baik untuk kesehatan mata
Muesli kaya akan nutrisi dan antioksidan, yang keduanya penting untuk kesehatan mata. Asam lemak omega-3 yang terdapat pada muesli juga bisa melindungi mata dan menjaganya tetap sehat.

BACA JUGA:'Damai' Resmi Daftar ke KPU Mukomuko, Usung Program Panca Tunggal Daerah

8. Meningkatkan kesehatan otak
Sarapan muesli dapat meningkatkan kesehatan dan fungsi otak, ini termasuk peningkatan memori, keterampilan memecahkan masalah yang lebih baik, kewaspadaan yang meningkat, lebih bisa berkonsentrasi, serta  mood yang positif.

Muesli lebih sehat ketimbang jenis sereal lainnya. Sereal yang lain mungkin lebih lezat dan manis, tetapi kerap sarat akan gula dan perasa lain. Muesli memiliki lebih sedikit gula dan kalori sehingga kamu dapat memastikan tidak ada yang makanan yang diproses atau asupan gula berlebih dalam sepiring muesli-mu. (bee)

Tags :
Kategori :

Terkait