Bagini Cara Memilih Jenis Seleksi dan Cek Formasi Pendaftaran CPNS 2024

Minggu 01-09-2024,14:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Buat Anda yang ingin mendaftar seleksi CPNC 2024 dan masih bingung bagaimana cara memilih jenis seleksi dan cek formasi CPNS simak informasi selengkapnya pada ulasan di bawah ini. 

Panduan CPNS 2024 yang sebaiknya dipahami pelamar salah satunya adalah alur dan tata cara memilih jenis seleksi dan mengetahui formasi tiap-tiap instansi agar tidak salah memilih jenis seleksi dan mudah untuk loloh tahapan.

Pendaftaran CPNS 2024 telah dimulai pada 20 Agustus 2024. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) mengumumkan adanya kebutuhan 2,3 juta Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun 2024. 

Kebutuhan ini akan dipenuhi secara bertahap dengan membuka lowongan ASN sebanyak 1.289.824 formasi tahun ini.

BACA JUGA:Dilaksanakan di Dua Lokasi Berbeda, Peringatan Upacara HUT RI ke-79 Berjalan Penuh Hikmat

BACA JUGA:Ops Amole, 103 Personel Brimob Polda Bengkulu Dikirim ke Papua

Khusus untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), pemerintah telah menyediakan 250.407 formasi. Total terdapat 114.706 formasi yang tersebar di 69 instansi pusat dan 135.701 formasi di 478 instansi daerah.

Pendaftaran CPNS 2024 akan berlangsung selama sekitar dua minggu pada 20 Agustus - 6 September 2024. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman resmi https://sscasn.bkn.go.id dengan mengikuti persyaratan yang ditentukan.

Cara Memilih Jenis Seleksi 

Pelamar CASN sebaiknya mengetahui cara memilih jenis seleksi dalam proses pendaftaran CPNS tahun ini. Berikut info selengkapnya.

Langkah pertama dalam proses pendaftaran CPNS 2024 adalah membuat akun di portal SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id.

BACA JUGA:Hari Penyiaran Nasional, Momentum untuk Terus Kuat dan Bertumbuh

BACA JUGA:Hasil Temuan Candi Muaratakus Diserahkan ke Dinas Kebudayaan Riau

Setelah mendaftar dan berhasil mencetak Kartu Informasi Akun, tahap berikutnya adalah memilih jenis seleksi dan formasi CPNS 2024. Berikut caranya:

  • Buka laman https://sscasn.bkn.go.id
  • Silakan login dengan NIK dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya
  • Pada tab “Biodata”, silakan lengkapi biodata Anda terlebih dahulu dengan informasi yang benar dan lengkap. Jika sudah, klik “Selanjutnya” untuk beralih pada tab berikutnya.
  • Pada tab “Jenis Seleksi”, silakan pilih jenis CPNS, lalu klik “Selanjutnya” untuk beralih pada tab berikutnya.
  • Pada tab “Formasi”, silakah pilih instansi yang dituju, jenis formasi (khusus/umum) pendidikan, jabatan yang diminati, lokasi formasi, hingga lokasi tes. Lengkapi semua data yang dibutuhkan, mulai dari IPK, nomor ijazah, perguruan tinggi, nama prodi, hingga akreditasi. Jika sudah, isi kode captcha dan klik “Selanjutnya”

BACA JUGA:Tameng Adat Melayu Kecam Pernyataan Ketua Jaringan Masyarakat Batak Riau

Kategori :