5 Jalan Rezeki Dalam Al Qur'an, Berikut Penjelasannya

Kamis 29-08-2024,08:00 WIB
Reporter : Ari Apriko
Editor : Ari Apriko

1. Dijamin Allah SWT

Sebagai manusia, kita tidak perlu khawatir tentang kekurangan rezeki, karena rezeki setiap makhluk hidup di muka bumi ini telah dijamin oleh Allah SWT. Hal ini dijelaskan dalam Al Qur'an Surah Hud ayat 6:

"Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuz),".

2. Karena Usaha

Meski rezeki telah ditetapkan oleh Allah SWT, kita tetap perlu berusaha untuk meraihnya agar rezeki tersebut bisa turun ke bumi.

Tidak ada jaminan serba instan di dunia ini; semua memerlukan usaha untuk mendapatkan hasil, termasuk dalam hal rezeki.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup, salah satu usaha adalah dengan bekerja atau berbisnis. Hal ini sesuai dengan ajaran dalam Al Qur'an Surah An-Najm ayat 39 hingga 41 yang artinya:

"dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya, dan bahwasanya usaha itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya). Kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna,".

3. Istighfar

Sebagai hamba Allah SWT, kita tidak akan terlepas dari cobaan dan ujian, termasuk dalam usaha mencari rezeki.

Rintangan dan kesulitan pasti akan datang, jadi ketika kita merasa diuji dalam usaha mencari rezeki, janganlah berputus asa.

BACA JUGA:3 Penyebab Utama Pintu Rezeki Tertutup, Buya Yahya Jelaskan Semua Terletak Pada Ini

BACA JUGA:Rezeki dan Harta Meningkat dengan Cara Langit, Habib Novel Alaydrus: Baca Amalan 70 Kali Pagi dan Malam

Teruslah berusaha dan mohonlah ampun kepada Allah dengan cara beristighfar. Dengan beristighfar, Allah SWT akan membuka pintu rezeki bagi hamba-Nya.

Hal ini dijelaskan dalam Al Qur'an Surah Nuh ayat 10-12 yang artinya:

"Maka aku katakan kepada mereka: 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu (istighfar), sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai,".

Kategori :