Apakah Busi Berfungsi Dengan Normal, Kamu Bisa Cek Tanda Warnanya

Jumat 23-08-2024,16:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Busi merupakan salah satu komponen terpenting pada kendaraan bermotor. Tahukah kamu, ada beberapa tanda jika busi bagus untuk digunakan. 

Bagi kamu yang masih belum mengetahui tanda warna busi yang bagus digunakan, yuks simak penjelasannya pada ulasan di bawah ini. 

Warna busi motor adalah salah satu indikator penting yang dapat memberikan gambaran tentang kondisi mesin dan kualitas pembakaran yang terjadi di dalamnya.

Memahami warna busi yang bagus sangatlah krusial bagi pemilik motor, karena hal ini bisa membantu mendeteksi masalah pada mesin sebelum menjadi lebih serius. 

BACA JUGA:Jangan Salah Pilih, Begini Tips Memilih Charging Station Mobil Listrik untuk Mobilitas Perkantoran

BACA JUGA:Tidak Cepat Rusak dan Tahan Lama, Ini Dia 6 Alasan Mengapa Suku Cadang Motor Harus Asli

Busi yang berfungsi dengan baik dan memiliki warna yang tepat mencerminkan efisiensi mesin serta memastikan bahwa motor berjalan dengan optimal. 

Oleh karena itu, mengetahui tanda-tanda warna busi yang bagus dapat membantu menjaga performa mesin dan memperpanjang usia kendaraan. 

Lantas, apa warna busi yang menandakan jika mesin motor bekerja dengan baik? Berikut informasinya. 

1. Busi Motor Berwarna Coklat atau Merah Bata

Tahukah kamu busi yang memiliki warna coklat dan merah bata merupakan tanda jika busi dapat berkerja dengan bagus. 

BACA JUGA:Hindari Risiko Kerusakan, Ini Dia 5 Cara dan Langkah-langkah Mengisi Freon AC dengan Benar

BACA JUGA:Yamaha Luncurkan NMAX Tercanggih, Simak Spesifikasi dan Harganya

Semisal, kalau kamu lagi bongkar mesin dan warna busi motornya coklat muda atau merah bata di bagian elektrodanya (ujung yang seperti besi kecil), jangan khawatir! Ini warna busi motor yang normal/bagus.

Warna ini menunjukkan proses pembakaran di ruang mesin motor berjalan optimal dan efisien. Artinya, campuran bahan bakar dan udara terbakar dengan sempurna, membuat performa motor jadi mantap dan konsumsi bahan bakarnya irit.

Kategori :