Waspadai, Ini Risiko Penyakit Akibat Paparan Polusi Udara

Kamis 22-08-2024,10:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Polusi udara telah menjadi salah satu tantangan lingkungan terbesar di dunia modern, dengan dampak yang meluas pada kesehatan manusia, ekosistem, dan ekonomi. 

Seiring dengan perkembangan industri, transportasi, dan urbanisasi, kualitas udara di banyak wilayah mengalami penurunan yang signifikan. 

Udara yang tercemar mengandung berbagai zat berbahaya, termasuk partikel halus, gas beracun, dan bahan kimia yang dapat merusak kesehatan dan lingkungan. 

Memahami dampak dari polusi udara menjadi penting agar kita dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko dan melindungi tubuh dari gangguan kesehatan. Berikut gangguan kesehatan akibat terpapar polusi udara. 

BACA JUGA:Ingin Memperoleh Ketenteraman, Semua Keluarga Masuk Surga, Ustaz Adi Hidayat Bagikan Amalannya

BACA JUGA:Jaga Daya Tahan Tubuh, Ini Dia 8 Manfaat Wedang Jahe untuk Kesehatan

1. Penyakit Kardiovaskular

Paparan polusi udara yang terjadi terus-menerus pada tubuh akan meningkatkan risiko penyakit seperti penyakit kardiovaskular. 

Di mana polusi udara bisa berdampak buruk pada jantung dan pembuluh darah, hingga menyebabkan berbagai penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung, PJK (Penyakit Jantung Koroner), dan stroke.

2. Kanker

Dampak polusi udara lainnya adalah kanker. Jika polusi udara terus terjadi dalam jangka panjang, partikel-partikel kecil dalam polusi udara yang bersifat karsinogen (pemicu kanker) dampat menumpuk dan memicu perkembangan sel kanker di dalam tubuh. 

Tentu hal ini sangat berbahaya dan membutuhkan perhatian khusus. Oleh karena itu mengurangi paparan polusi udara dapat mencegah timbulnya penyakit yang satu ini. 

BACA JUGA:Sudah Ada Sejak 8000 Tahun Silam, Inilah 8 Manfaat Buah Persik yang Sayang Untuk Dilewatkan

BACA JUGA:Jadi Gejala Penyakit Serius, Kenali 4 Penyebab Kejang pada Anak yang Perlu Diwaspadai

3. Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

Kategori :