Ini Dia 5 Cara Efektif Menaikkan Kadar Hemoglobin

Rabu 21-08-2024,16:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Dengan intensitas sedang hingga tinggi sangat dianjurkan bagi kamu yang kekurangan hb. Hal ini karena saat berolahraga, tubuh memproduksi lebih banyak hemoglobin untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Jenis olahraga yang dapat kamu pilih sebagai cara menaikkan hb di antaranya latihan aerobik, bersepeda, renang, atau lari.

3. Hindari Makanan dan Minuman Pemblokir Zat Besi

Beberapa makanan dan minuman yang harus kamu hindari karena dapat menghalangi tubuh menyerap hb adalah kopi, teh, minuman bersoda, wine, bir, dan sebagainya.

BACA JUGA:Tips Sehat dari dr Zaidul Akbar, Rutinkan 3 Ini Setiap Bulannya, Ini Waktu Terbaik Melakukannya

BACA JUGA:Mudah Jumpai, Ini Lah 6 Obat Herbal Ampuh Atasi Wasir

Makanan dan minuman ini harus kamu hindari, terutama jika kamu memiliki kadar hb yang rendah.

4. Buah Apel dan Delima

Cara menaikan kadar hb selanjutnya adalah dengan mengonsumsi sebuah apel dan delima setiap hari dapat menjadi cara terbaik untuk menaikkan hb. 

Hal ini karena apel kaya akan zat besi dan beberapa komponen yang bermanfaat untuk kesehatan. Kamu bisa memakan satu buah apel dan delima atau membuatnya menjadi jus dengan campuran bit dua kali sehari. 

Kamu juga dapat menambahkan sedikit jahe atau lemon untuk menambah rasa. Nilai gizi dari buah apel dan delima ini dapat menjadi salah satu cara meningkatkan hb dalam darah. 

BACA JUGA:Tips Sehat dari dr Zaidul Akbar, Rutinkan 3 Ini Setiap Bulannya, Ini Waktu Terbaik Melakukannya

BACA JUGA:Mudah Jumpai, Ini Lah 6 Obat Herbal Ampuh Atasi Wasir

5. Minum Teh Jelatang

Jelatang merupakan salah satu tumbuhan yang kaya akan sumber vitamin B, zat besi, vitamin C yang memainkan peran penting dalam peningkatan kadar hemoglobin. 

Cara meningkatkan hb dengan tumbuhan jelatang ini dapat dilakukan dengan mengolahnya menjadi teh untuk diminum setiap hari.

Kategori :