Begini 6 Cara Ampuh Obati Mata Bintitan Dengan Cepat

Minggu 18-08-2024,13:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Apakah kamu pernah mengalami bintitan? Mata bintitan atau bintitan (hordeolum) merupakan kondisi bintil menyakitkan menyerupai jerawat atau bisul yang tumbuh pada kelopak mata.

Penyebab mata bintitan umumnya terjadi karena infeksi dari bakteri. Bintil ini bisa tumbuh di dalam kelopak mata atau di bagian luarnya. 

Meskipun kehadirannya sangat mengganggu dan menyakitkan, tetapi hal ini tidak akan membuat penderitanya mengalami gangguan penglihatan. 

Nah, bagi kamu yang tengah mengalami bintitan, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengobatinya. Bagaimana caranya? Yuk, simak pada ulasan di bawah ini. 

BACA JUGA:Cara Ampuh Mengatasi Masalah Lambung, dr Zaidul Akbar Sarankan Memanfaatkan Bahan Ini

BACA JUGA:Ramuan untuk Membersihkan Liver, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

Sudah dijelaskan sebelumnya, bintitan disebabkan karena infeksi dari bakteri. Ada banyak cara untuk menyembuhkan mata bintitan yang bisa kamu lakukan, berikut diantaranya: 

1. Menjaga Kebersihan Mata

Menjaga kebersihan mata merupakan faktor penting untuk mencegah sekaligus mengobati mata bintitan. Untuk menjaga kebersihan mata, kamu bisa menggunakan sabun berbahan lembut saat mencuci area mata atau wajah. 

Jangan bersihkan mata dengan menggunakan sabun berbahan kimia sintetis yang keras, karena akan membuat iritasi pada mata. Sabun jenis hipoalergenik bisa kamu gunakan untuk membersihkan bagian mata. 

2. Kompres Hangat

Saat mengalami bintitan kamu bisa mengobati dan meredakan rasa nyerinya dengan mengompresnya dengan air hangat. Caranya, basahi kain bersih dengan air hangat (tidak terlalu panas) dan peras airnya.

BACA JUGA:Ramuan untuk Membersihkan Liver, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

BACA JUGA:Kenali 6 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Tubuh, Jaga Sistem Pencernaan Hingga Kontrol Gula Darah

Tempelkan kompres hangat pada mata yang terkena selama 10-15 menit, 3-4 kali sehari. Panas dari kompres akan membantu melunakkan nanah dan mempercepat proses penyembuhan.

Kategori :