Waspada, Ini Dia Gejala Angin Duduk yang Perlu Segera Ditangani

Sabtu 17-08-2024,16:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Angin duduk, atau dalam istilah medis dikenal sebagai angina pectoris, adalah kondisi yang mengacu pada rasa nyeri atau ketidaknyamanan di dada akibat berkurangnya aliran darah ke otot jantung. 

Kondisi ini sering kali menjadi peringatan awal adanya masalah pada jantung, khususnya penyakit jantung koroner. Meskipun istilah "angin duduk" mungkin terdengar sederhana, kondisi ini adalah tanda serius yang tidak boleh diabaikan karena dapat berkembang menjadi serangan jantung yang mengancam nyawa.

Maka dari itu, sangat penting mengetahui apa saja gejala angin duduk sehingga kita secara dini dapat meneganlinya dan cepat-cepat mencari pertolongan medis sebelum terlambat.

Berikut ini gejala angin duduk yang perlu segera ditangani. 

BACA JUGA:Cara Ampuh Mengatasi Masalah Lambung, dr Zaidul Akbar Sarankan Memanfaatkan Bahan Ini

BACA JUGA:Amandel Sembuh Tanpa Operasi, dr Zaidul Akbar Sarankan Pakai 3 Bahan Alami Ini

1. Nyeri Dada

Nyeri atau ketidaknyamanan pada dada yang merupakan gejala angin duduk memiliki gambaran rasa dada seperti tertekan, diremas, sumpek atau terasa ada benda yang menindih atau rasa nyeri pada dada bagian tengah. 

Beberapa orang dengan gejala angin duduk merasakan seperti dada diremas atau merasa seperti ada beban berat telah ditempatkan pada dada mereka.

2.  Nyeri Dada Menjalar

Rasa nyeri ternyata tidak hanya dirasakan di dada, karena pada umumnya terjadi penjalaran pada lengan terutama bagian kiri, leher, rahang, bahu atau punggung.

3.  Mual

Beberapa orang mengalami mual atau muntah bersamaan dengan nyeri dada, yang bisa membuat kondisi ini lebih tidak nyaman. 

BACA JUGA:Baik Untuk Kesehatan Enzim, dr Zaidul Akbar Sarankan Konsumsi Makanan Ini Setiap Hari

BACA JUGA:Ketahui 6 Aturan Cheating Day saat Jalani Program Diet

Kategori :