Ingin Berkunjung ke IKN, Ini 7 Rekomendasi Oleh-oleh yang Bisa Dijadikan Pilihan

Sabtu 17-08-2024,15:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Lagi ramai-ramai jadi perbincangan, untuk pertama kalinya upacara perayaan Kemerdekaan RI pada 17 Agustus digelar di  Ibu Kota Nusantara (IKN).

Selain mengunjungi Mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) jangan lupa mampir juga ke wilayah sekitar Kalimantan Timur lainnya. Ada banyak oleh-oleh khas daerah sekitar IKN yang bisa Anda buru sebelum pulang. Apa saja?

Bagi Anda yang berkesempatan langsung ikut Agustusan di sana, tentu jangan sampai terlewatkan membeli oleh-oleh khas Kalimantan Timur daerah sekitar IKN.

Berikut rekomendasi oleh-oleh khas IKN yang bisa kamu bawa pulang: 

BACA JUGA:Lezat dan Bercita Rasa Khas, Inilah 7 Hidangan Kuliner Indonesia yang Terkenal di Mata Dunia

BACA JUGA:Resep, Tips, dan Cara Membuat Martabak Teflon Untuk Sajian Buka Puasa di Rumah

1. Abon kepiting Samarinda

Kita mungkin tahu bahwa yang namanya abon biasanya terbuat dari daging sapi, tapi di Kalimantan Timur justru ada abon kepiting yang cocok jadi oleh-oleh khas ini. Abon kepiting ini juga konon makanan khas Samarinda.

Abon ini memiliki cita rasa gurih. Tekstur abon lebih lembut sangat cocok disantap dengan nasi hangat.

2. Gula gait

"Gula Gait" adalah salah satu makanan khas yang berasal dari Kalimantan Timur, khususnya daerah Kutai Kartanegara. Makanan ini cukup populer dan sering dijadikan oleh-oleh oleh wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut.

Gula Gait adalah sejenis kue manis yang dibuat dari bahan dasar gula merah atau gula aren, tepung ketan, dan kelapa parut.

BACA JUGA:Resep dan Cara Membuat Ayam Sambal Bawang Lezat dan Nikmat

BACA JUGA:Resep dan Cara Membuat Sop Betawi Sajian Tradisional Khas Untuk Hari Raya

Proses pembuatannya melibatkan pemanasan gula merah hingga meleleh, kemudian dicampur dengan tepung ketan dan kelapa parut hingga tercampur rata. Setelah itu, adonan ini dibentuk dan dipotong-potong sesuai selera.

Kategori :