Tingkatkan Kualitas Jurnalis, Diskominfotik Bengkulu Gelar Bimtek Jurnalistik dan Medsos Mitra Pembangunan

Senin 12-08-2024,16:15 WIB
Reporter : Tri Yulianti
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM – Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kominfotik) Provinsi Bengkulu terus berupaya meningkatkan kualitas dan kompetensi jurnalis di daerahnya. 

Upaya peningkatan kompetensi jurnalis ini dilakukan dengan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Jurnalistik dan Media Sosial Mitra Pembangunan, Senin (12/8/2024) di Hotel Grage Bengkulu.

Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Bengkulu, Dr  Hj Oslita, SH MH mengatakan bahwa pers adalah pilar keempat dalam demokrasi, yang memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas informasi di masyarakat.

Oslita menambahkan Bimtek Jurnalistik dan Media Sosial ini adalah salah satu program prioritas dari Gubernur Bengkulu untuk memastikan sinergitas yang kuat antara jurnalis dan pemerintah daerah.

BACA JUGA:Kota Bengkulu Raih 3 Penghargaan di Acara Harganas ke-31

BACA JUGA:Dikomandoi Dinas Pariwisata, Pemkot Bengkulu Tanam Ribuan Pohon Kelapa di Pantai

"Kita harapkan para jurnalis dapat mematuhi peraturan yang ada serta bersinergi dengan media yang ada, guna meningkatkan kinerja dan menyamakan persepsi dalam menyebarkan informasi yang benar dan bertanggung jawab," kata Oslita dalam sambutannya.

Sementara itu,  Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Isnan Fajri, juga menekankan pentingnya profesionalisme dalam jurnalisme. 

Ia mengingatkan bahwa penyebarluasan informasi harus dapat dipertanggungjawabkan agar mampu membangun masyarakat yang cerdas dan bijak dalam menyikapi berbagai persoalan.

"Seorang wartawan harus memahami kode etik jurnalistik dan memiliki kompetensi yang tinggi. Hal ini penting untuk mendukung pers yang profesional dan kuat, yang pada akhirnya akan memperkuat demokrasi dan mendorong kemajuan bangsa, khususnya di Bengkulu," ucap Isnan.

BACA JUGA:Kantor Camat Ratu Agung Dibangun Ulang Tahun Ini, Gunakan DAU Rp 2 M

BACA JUGA:Jalani Pemusatan Latihan, Pj Walikota Bengkulu Harap Anggota Paskibraka Tunjukan Kualitas Terbaik

Sekda juga mengajak insan pers untuk lebih profesional dalam peliputan dan terus meningkatkan kompetensi melalui berbagai pelatihan.

Salah satunya dengan mengikuti Bimtek Jurnalistik dan Media Sosial yang diselenggarakan oleh Dinas Kominfotik Provinsi Bengkulu dengan menghadirkan pemateri dari PWI Pusat hingga General Manager Media Harian Rakyat Bengkulu.

Isnan berharap, agar pers di Bengkulu semakin berkualitas dan mampu menjalankan tugasnya sebagai penjaga demokrasi dan pilar keempat yang kokoh dalam masyarakat.

Kategori :