Ini Dia Beragam Manfaat Buah Nanas untuk Pria

Sabtu 10-08-2024,19:29 WIB
Reporter : Jamal Maarif
Editor : Jamal Maarif

BENGKULUEKSPRESS.COM - Manfaat buah nanas untuk pria ada banyak berkat kandungan vitamin, mineral, dan antioksidannya yang melimpah. Bila dikonsumsi rutin, nanas bisa meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah penyakit jantung, sampai mencegah kanker prostat pada kaum adam, lho.

Manfaat buah nanas untuk pria berasal dari kandungan nutrisinya yang lengkap. Buah berwarna kuning ini mengandung karbohidrat, serat, gula, vitamin A dan vitamin C, folat, kolin. Nanas juga kaya akan mineral, seperti kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor.

BACA JUGA:Manfaat Jus Anggur dan Cara Sehat Mengonsumsinya

Daftar Manfaat Buah Nanas untuk Pria
Bagi para pria, buah nanas bisa memberikan beragam manfaat kesehatan berikut ini:

1. Meningkatkan kesuburan
Manfaat buah nanas untuk pria yang pertama adalah meningkatkan kesuburan. Ini karena nanas mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral yang sangat bagus untuk menjaga sperma tetap sehat dan berkualitas. Sperma yang sehat memiliki peluang lebih besar untuk bisa membuahi sel telur wanita. Dengan begitu, peluang untuk memperoleh momongan juga bisa lebih tinggi.Jadi, bagi para pria yang sedang menjalani program hamil dengan pasangan, yuk tambahkan buah nanas ke dalam menu makanan sehat sehari-hari.

2. Memperkuat tulang
Salah satu manfaat buah nanas untuk pria yang jarang diketahui adalah memperkuat tulang dan otot. Manfaat ini berasal dari kandungan mineral, seperti kalsium, mangan, magnesium, fosfor, dan kalium. Selain dengan mengonsumsi nanas, kamu juga perlu olahraga rutin dan mencukupi asupan protein agar otot dan tulang tetap kuat, ya. Salah satu jenis olahraga yang bagus untuk membentuk jaringan otot adalah latihan angkat beban.

BACA JUGA:Ribut dengan Oknum Polisi dan Bawa Sajam di Kafe, Warga Kampung Melayu Ditangkap

3. Meredakan nyeri sendi dan otot
Selain baik untuk kesehatan tulang, rutin makan buah nanas juga baik untuk kesehatan sendi dan otot, lho. Buah kaya vitamin C ini memiliki efek antiradang yang berasal dari enzim bromelain. Buah ini terbukti bisa meredakan nyeri sendi dan otot yang muncul setelah kamu berolahraga.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh
Kandungan vitamin A, vitamin C, antioksidan, dan sejumlah mineral di dalam buah nanas sangat baik untuk imunitas tubuh. Mengonsumsi buah ini dibarengi dengan makanan bergizi lainnya bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kamu nggak mudah sakit, lho.

5. Mencegah dan mengatasi sembelit
Enzim bromelain yang terkandung di dalam buah nanas memiliki segudang manfaat, salah satunya adalah menjaga kesehatan saluran cerna. Bersama dengan asam lambung, enzim ini berperan penting dalam mencerna makanan agar nutrisi di dalamnya lebih mudah diserap oleh tubuh. Selain itu, kandungan serat di dalam buah nanas juga bisa meningkatkan produksi bakteri baik di usus serta membuat tinja jadi lebih padat agar mudah dikeluarkan. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari sembelit, deh.

BACA JUGA:Ditresnarkoba Polda Bengkulu dan Jajaran Ungkap 257 Kasus Selama Periode Januari - Juli 2024

6. Menurunkan kadar kolesterol
Kalau kamu punya keluhan kolesterol tinggi, kamu juga bisa nih mulai rajin mengonsumsi buah nanas. Kandungan serat dan antioksidan pada buah ini terbukti bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam darah.

Selain mengonsumsi buah nanas, kamu juga perlu mengonsumsi makanan sehat lainnya, seperti ikan, biji-bijian, kacang-kacangan, serta aneka buah dan sayur. Jika kadar kolesterol masih tetap tinggi setelah menjalani pola makan sehat, kamu juga bisa minum obat penurun kolesterol sesuai anjuran dokter, ya.

7. Mengontrol tekanan darah
Menjaga tekanan darah tetap stabil sangat penting untuk mencegah penyakit hipertensi atau darah tinggi. Selain membatasi makanan tinggi garam, kamu juga perlu mengonsumsi makanan tinggi kalium, seperti pisang, semangka, tomat, maupun buah nanas.

Di dalam tubuh, kalium bisa menjaga keseimbangan kadar garam sehingga dapat mengontrol tekanan darah tetap stabil. Mineral ini juga berperan penting untuk menjaga pembuluh darah tetap lentur dan elastis sehingga aliran darah bisa lebih lancar. Dengan begitu, tekanan darah pun akan lebih terkontrol.

BACA JUGA:Tari Kolosal dan Kirab Bendera Merah Putih Meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Bengkulu

8. Menjaga kesehatan jantung
Ini juga termasuk salah satu manfaat buah nanas untuk pria yang tak kalah penting. Daripada wanita, pria umumnya berisiko lebih tinggi untuk mengalami penyakit jantung. Nah, untuk mencegahnya, kamu bisa rutin olahraga, menjauhi rokok, serta menjalani pola makan sehat dan bergizi seimbang.

Salah satu pilihan makanan yang bisa kamu konsumsi untuk memelihara kesehatan jantung adalah buah nanas. Kandungan antioksidan di dalam buah ini bisa menangkal efek buruk radikal bebas dan mengurangi peradangan di dalam tubuh.

Selain itu, serat dan kalium di dalam buah ini juga baik untuk mengatur detak jantung dan mencegah terbentuknya sumbatan di pembuluh darah jantung. Dengan begitu, jantung pun bisa lebih sehat dan risiko terkena penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke, bisa berkurang.

9. Mencegah jerawat
Enzim bromelain di dalam buah nanas bersifat antimikroba. Karena enzim ini, buah nanas memiliki manfaat untuk mencegah jerawat, lho. Selain dikonsumsi langsung, buah ini juga bisa dibuat menjadi masker wajah alami. Jika digunakan secara rutin serta dibarengi dengan konsumsi makanan sehat dan penggunaan skincare yang sesuai jenis kulit, masalah jerawat pun bisa berkurang dan tidak muncul lagi, deh.

BACA JUGA:Saat Menunggu Waktu Persalinan Tiba? Yuk, Lakukan Ini!

10. Mempercepat penyembuhan luka
Manfaat buah nanas untuk pria selanjutnya adalah mempercepat penyembuhan luka. Siapa pun bisa berisiko mengalami luka, baik karena kecelakaan, cedera, maupun karena risiko pekerjaan.

Nah, manfaat buah nanas dalam menyembuhkan luka ini berkat kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin ini diketahui bisa meningkatkan produksi kolagen dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak, sehingga kulit yang terluka bisa menutup lebih cepat dan segera sembuh.

11. Mencegah rambut rontok
Kekurangan nutrisi tertentu, seperti zat besi, antioksidan, vitamin D, zinc, biotin, folat, serta vitamin B12, bisa menyebabkan rambut rontok, tidak terkecuali pada pria. Agar rambut selalu sehat dan kuat, kamu perlu nih mengonsumsi makanan bergizi, salah satunya adalah nanas. Soalnya, buah yang menyegarkan ini mengandung antioksidan quercetin yang tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga bisa menjaga kesehatan rambut dan mencegah kerontokan.

BACA JUGA:Bisakah Top Up Saldo DANA Pakai Pulsa, Berapa Biayanya? Simak Ulasan Lengkapnya Berikut Ini

12. Menurunkan risiko terjadinya kanker prostat
Asupan serat dan antioksidan yang cukup bisa menurunkan risiko pria mengalami kanker, salah satunya kanker prostat. Kanker ini banyak menyerang kaum adam, khususnya saat berusia 50 tahun ke atas. Karena perannya yang luar biasa, mulai sekarang cobalah untuk mengonsumsi makanan tinggi serat dan antioksidan, seperti sayur dan buah, salah satunya adalah buah nanas.Selain dengan mengonsumsi buah nanas, pastikan juga kamu menerapkan pola hidup sehat, seperti tidak merokok, istirahat yang cukup, serta mengontrol stres dengan baik, supaya terhindar dari kanker.

Beragam manfaat nanas untuk pria yang sudah dipaparkan di atas bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi buah ini secara langsung, mengolahnya menjadi jus atau smoothies tanpa gula tambahan, serta membuatnya menjadi salad atau campuran rujak, ya.

BACA JUGA:Ramuan Herbal Untuk Hancurkan Batu Ginjal, dr Zaidul Akbar Sarankan Rebus Ini

Itulah informasi seputar manfaat buah nanas untuk pria yang menarik untuk disimak. Buah ini aman dikonsumsi asalkan sesuai porsi yang wajar dan tidak berlebihan. Meski demikian, buah ini terkadang bisa memicu iritasi lambung, terutama pada penderita sakit maag atau GERD. Jadi, kalau kamu memiliki riwayat penyakit tersebut, sebaiknya konsumsi buah nanas setelah makan dan jangan dalam kondisi perut kosong, ya. (bee)

Kategori :